Sukses

Nyeri Pinggang Sejak Lama

19 Oct 2014, 08:31 WIB
Wanita, 17 tahun.
hi dokter sekarang umur aku 17thn saya ada masalah di pinggang. sakit pinggang ini sudah aku alami dari aku kelas 5 sd rasanya seperti ada syaraf yg terjepit tapi kurang tau juga ini kenapa sakit apalagi kalu aktifitas saya seharian lebih banyak duduk atau berdiri lama nyeri di pinggang sangat sakit. sering juga saya tidur di lantai yang keras beberapa jam dan saat saya bangun pinggang sakit minta ampun. dulu saya sempat tes urin ke dokter katanya saya ini kurang minum air padahal menurut saya asupan air yang masuk ke dalam tubuh saya sudah cukup 1,5liter per hari. gimana dok menurut dokter? mohon pendapatnya terimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda pasti sangat mengganggu Anda. Sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, persarafan tulang belakang). Sulit bagi kami untuk menentukan penanganan tanpa mengetahui penyebabnya. Sebelum melanjutkan, ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan.

Di mana lebih tepatnya lokasi sakit pinggang Anda? Bagaimanakah rasa sakitnya (apakah seperti ditusuk-tusuk, seperti pegal, dll)? Apakah rasa sakitnya menjalar ke kaki? Bagaimana dengan hasil pemeriksaan darah dan urin Anda? Bagaimana dengan buang air kecil Anda selama ini, adakah keluhan (BAK lbh sedikit, berpasir, tidak lancar)?

Salah satu penyebab sakit pinggang kronik memang adalah adanya persarafan tulang belakang yang terjepit atau disebut dengan HNP.

HNP (Hernia Nucleosus Pulposus) atau saraf terjepit perlu ditangani secara serius karena jika tidak ditangani secara serius maka dapat mengakibatkan komplikasi yang tidak diinginkan. Apakah sejak keas 5 SD hingga kini ini Anda terus merasakan nyeri? Apakah tidak ada perbaikan dalam waktu tersebut? Adakah obat-obatan yang Anda konsumsi? Jika tidak ada perbaikan maka sebenarnya Anda perlu mengunjungi dokter spesialis saraf untuk mengetahui kondisi Anda saat ini, agar dapat diketahui penyebabnya secara tepat dan segera mendapat penanganan.

 

Sementara waktu, rasa nyeri yang Anda alami dapat dikurangi dengan konsumsi obat-obatan golongan antiradang nonsteroid seperti ibuprofen, natrium diklofenak, asam mefenamat, asetaminofen, dsb. Namun harus juga diperhatikan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini. Beberapa tips yang dapat diterapkan adalah:

 

 

 

  •  Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja

  •  Saat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang

  •  Olahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.

Kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk pemeriksaan fisik fan melihat dengan pemeriksaan radiologi (MRI) untuk memastikan penyebab keluhan Anda. Hal ini dikarenakan, penjepitan saraf yang semakin parah dapat memperburuk keadaan hingga terjadi kelumpuhan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar