Sukses

Hasrat Seksual pada Wanita

16 Feb 2016, 12:16 WIB
Wanita, 22 tahun.

Saya wanita 22thn, msh single. Saya seringkali bermimpi basah namun didalam mimpi tidak melakukan seks, tetapi berlari2, dan membuat rangsangan didaerah vagina, yang kemudian menimbulkan reaksi mengoles2kan vagina diguling tanpa disadari (mengigau). Oh ya, reaksi tersebut sdikit membuat nyeri vagina. Yang ditakutkan adalah jika terlalu sering mengigau sprti itu akan merusak selaput divagina(robek) sehingga akan menghlngkn keperawanan? Apakah hal yg saya alami normal?dan bagaimana cara menghentikan hal tersebut agar tidak terjadi terus menerus?

Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kecemasan Anda, mari kita bersama-sama mencoba mencari penyelesaian yang tepat atas keluhan Anda.

Silakan klik next untuk melanjutkan penjawaban dr. Jessica Florencia.

Hasrat Seksual pada Wanita

Seperti layaknya laki-laki, perempuan juga tumbuh dengan memiliki kebutuhan batin terhadap hal-hal yang berkaitan dengan seksualitas. Kebutuhan ini pada akhirnya dapat menimbulkan dorongan seksual pada perempuan dalam bentuk yang nyata maupun terselubung seperti dalam mimpi.

Apabila perangsangan pada vagina yang menimbulkan rasa nyeri dilakukan terlalu sering maka dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan vagina pada diri Anda seperti perlukaan atau infeksi. Selaput dara sendiri kemungkinan besar tidak akan robek jika tidak ada proses penetrasi ke dalam vagina, atau adanya aktivitas peregangan daerah selangkangan yang ekstrim. 

Terkait keperawanan yang Anda bicarakan, terdapat dua konsep yang dimiliki masyarakat berkaitan dengan keperawanan perempuan adalah: 1. Hilangnya keperawanan ditandai oleh robeknya himen perempuan, dan 2. Hilangnya keperawanan karena telah berhubungan intim untuk pertama kali. Sepertinya pertanyaan Anda berkaitan dengan konsep yang pertama: himen.

Himen merupakan membran tipis yang ada di dekat bukaan vagina, bagian tengahnya bolong sehingga darah menstruasi dapat keluar. Sebetulnya, himen perempuan dapat robek walau tidak melakukan hubungan intim, yaitu karena kecelakaan, aktivitas seperti naik kuda, senam, bersepeda, penggunaan tampon, masturbasi. Bahkan ada juga perempuan yang tidak memliki himen. Himen dapat robek tanpa disertai rasa sakit, ataupun disertai perdarahan.

Karena itu, walaupun himen yang utuh mengindikasikan bahwa perempuan itu masih perawan, namun himen yang tidak utuh bukan berarti ia tidak perawan. Ada juga keadaan dimana perempuan sudah berhubungan intim, namun himennya masih utuh, yang disebut himen yang elastis. Jadi sulit untuk membedakan. Karena itu konsep yang dapat digunakan di sini adalah keperawanan hilang saat seseorang melakukan hubungan intim. 

Sudah berapa lama Anda mengalami hal ini? Dorongan seksual dalam diri seorang individu memang merupakan suatu hal yang wajar. Namun, biasanya intensitasnya menjadi semakin meningkat jika adanya paparan terhadap rangsangan-rangsangan seksual yang dapat meningkatkan hasrat seksual seseorang, seperti misalnya tayangan yang berbau seksual, buku yang berbau seksual dan lainnya yang sejenis. Adakah hal-hal yang selama ini meningkatkan hasrat seksual Anda?

Pengendalian hasrat seksual dapat dilakukan dengan cara mengalihkan perhatian setiap kali hasrat seksual muncul dengan aktivitas yang menyita pikiran dan tenaga. Salurkanlah hasrat tersebut ke kegiatan-kegiatan yang lebih positif seperti olahraga, bekerja, atau kegiatan lain yang disenangi. Hindarilah hal-hal yang memicu hasrat seksual Anda seperti melihat gambar atau membaca buku-buku yang merangsang.

Pendekatan rohani juga dapat membantu Anda untuk lebih menenangkan diri. Konseling dengan tenaga kesehatan yang Anda percaya atau dengan orang yang dapat Anda percaya juga dapat membantu Anda menenangkan keresahan Anda.

Kami percaya, selalu ada solusi untuk setiap keluhan dan masalah. Kami harap apa yang sudah kami sampaikan dapat sedikit membantu Anda. Kunjungilah dokter secara langsung jika Anda masih merasa terganggu dengan keluhan Anda.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar