Sukses

Anak Susah BAB

19 Jan 2014, 09:06 WIB
Wanita, 24 tahun.
Pup anak yang keras Sore dok, bayi saya 3 bulan dok beratnya 6 kg. Asi eksklusif, akhir -akhir ini bayi saya jarang sekali pup dok, bahkan pernah 8 hari tidak pup dan sekarang 2 atau 3 hari baru pup lagi. Pupnya keras dok, jika pup bayi saya sampai menangis. Kenapa seperti itu ya dok? Mohon solusinya! Terimakasih...!!
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

BAB pada anak memang bergantung pada asupan makanan yang diberikan. Jika memang asupannya sedikit maka BABnya juga menjadi jarang dan jika telah mengkonsumsi susu formula maka akan mempengaruhi frekuensi BAB anak. Bayi yang disusui ASI memiliki tinja yang lebih lunak, sehingga gerakan usus menjadi lebih mudah, dan memiliki kadar hormon tertentu lebih tinggi sehingga ada peningkatan gerakan usus. Sedangkan susu formula lebih sulit untuk dicerna, umumnya gerakan usus pada bayi-bayi ini lebih lambat sehingga mengakibatkan BAB lebih jarang, tinjanya lebih tebal. Selain itu jika frekuensi masuknya susu juga kurang, bayi cenderung lebih sulit BAB.Nah walaupun bayi Anda diberikan ASI apakah frekuensinya sudah cukup serings ehingga bayi tidak lapar?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    3 Komentar

    • Per**

      Malam dok anak saya umur 4 tahun anak saya sudah 5 hri tdk buang air besar gimana ya dok supaya anak saya BAB nya lancar

    • Wil******rraa

      Anak saya umur 1,6bulan . BAB nya keras hari ini kadang2 keras kadang2 engga, gmnaa yaa dok supaya anak saya BAB nya lancar??

    • Nur**

      Anak saya setiap BAB keras dok kdng smpai 1mnggu ,sehingga jika ingin bab harus pakai microlax