Sukses

Kehamilan pasca Kuretase

19 Jan 2014, 03:00 WIB
Wanita, 24 tahun.
Saya mau bertanya lg dokter.saya pernah menjalani oprasi kuret,dan dianjurkan oleh dokter untuk menunda kehamilan slama 3x mens,saya jg telah dinyatakan sehat dan bersih setelah kontrol.Setelah 3x mens saya tdak menunda khamilan lg,tp setelah berhubungan dg suami perut saya trasa sakit dan ngilu d bagian belakang.Apakah itu pengaruh dr sperma ya Dok,karena sbelumnya di keluarkan di luar vagina.Apakah iu berarti rahim saya belum sembuh? Apa bahayanya jika saya hamil lg,karena saya sdah trlanjur tdk KB lg? Terima kasih dokter.
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Sperma yang masuk kedalam vagina tidak akan menyebabkan rasa sakit seperti yang Anda alami. Resiko kehamilan pasca kuretase sejatinya lebih tinggi daripada kehamilan biasa, namun Anda tidak perlu khawatir dan sebaiknya memeriksakan kondisi kehamilan Anda dengan lebih intensif dengan dokter kandungan Anda untuk memantau kondisi kehamilan Anda lebih intensif.

Pasca tindakan kuret, sudahkah Anda melakukan pemeriksaan fisik seperti pemeriksaan dalam (melihat vagina dan daerah leher rahim) serta melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui anatomi alat kandungan? Dari anamnesis /wawancara, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang, akan didapatkan hasil apakah ibu memerlukan pemeriksaan tambahan, seperti pemeriksaan HSG (untuk mengetahui sumbatan saluran tuba), dan pemeriksaan hormonal (tergantung kebutuhan).

Proses kehamilan memang tidak lepas dari campur tangan Yang Kuasa, oleh karena itu selain mengikuti pola hidup sehat, berhubungan intim teratur terutama 2-3x/minggu, dan perbanyak berdoa kepada Yang Maha Kuasa.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan kehamilan, yaitu:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik
  • Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio
  • Asupan nutrisi yang adekuat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AK)

Salam, 

 

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar