Sukses

Warna Gigi Kecoklatan

16 Oct 2014, 11:52 WIB
Pria, 36 tahun.
apakah karang gigi bisa di bersihkan...? dan apakah warna gigi kecoklatan bisa di putihkan dan apa penyebab gigi warna kecoklatan...???
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Saudara.

Sebelumnya Kami memohon maaf atas keterlambatan penjawaban.

Karang gigi dapat dibersihkan, namum tindakan pembersihan tersebut hanya dapat dilakukan dengan bantuan dokter gigi dengan memakai alat tertentu yaitu berupa alat yang digunakan secara manual atau dengan alat ultrasonic, dimana alat ini bekerja dengan getaran ultrasonik pada bagian ujungnya yang berbentuk sedikit runcing agar dapat memecah karang gigi hingga ke tempat yang sulit dijangkau, termasuk karang gigi yang ada di bawah gusi, dengan cara penggunaan yang benar dan tepat sesuai petunjuk pemakaian,alat ultrasonic  ini cukup aman bagi permukaan gigi dan akar.

Gigi yang berubah warna menjadi kecoklatan biasa dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok atau noda makanan dan minuman, namun untuk menentukan secara pasti penyebab perubahan yang terjadi pada Saudara sebaiknya dengan dilakukan pemeriksaan secara langsung.

Perubahan warna gigi ada yang intrinsik (dari dalam tubuh) dan ekstrinsik (dari faktor di luar tubuh), selain kebiasaan merokok, makanan,minuman terdapat juga penyebab lain perubahan warna gigi seperti penggunaan antibiotik Tetrasiklin pada masa kanak-kanak. Perlu dipastikan terlebih dulu apa yang menyebabkan gigi Anda berubah warna/menguning, baru dapat ditentukan rencana perawatan yang tepat untuk memutihkan gigi Saudara, dan perlu saya ingatkan bahwa tidak semua kondisi perubahan warna yang terjadi pada gigi dapat dihilangkan. Kami sarankan agar saudara berkonsultasi dan memeriksakan langsung kondisi gigi Saudara ke dokter gigi untuk mengetahui apa penanganan yang tepat bagi kondisi Saudara.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani.

    0 Komentar

    Belum ada komentar