Sukses

Terlambat Haid

19 Jan 2014, 02:40 WIB
Wanita, 23 tahun.
Dear Dokter, sy terakhir datang bulan pd nov 2013 sekitar tgl 20,pd bulan desember sy tdk haid hingga saat ini jg blm haid lg,hanya keputihan yg warna dan baunya masih normal, tapi beberapa hari belakangan ini keluar flek2/darah kecoklatan. sy juga tidak mengalami tanda2 kehamilan,jadi kira2 apa yg sedang terjadi dgn sy dan apa yg harus sy lakukan dokter ??
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Keterlambatan haid merupakan salah satu tanda kehamilan, namun wanita dengan keterlambatan haid belum tentu hamil. Lama siklus haid normal adalah berkisar antara 21 - 35 hari. Siklus ini dapat maju atau mundur hingga beberapa hari, selama masih berada dalam rentang 21 - 35 hari tersebut, maka siklus tersebut masih dapat dikatakan normal. Jika Anda terlambat haid melebihi siklus normal, sebaiknya melakukan pemeriksaan urin/testpack.

Seseorang baru dapat dikatakan memiliki masalah infertilitas primer (gangguan kesuburan) apabila telah memenuhi kriteria berikut, yaitu: belum memiliki keturunan setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2-3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi. Apabila telah memenuhi kriteria infertilitas primer di atas, maka perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk mencari penyebabnya, baik dari pihak suami maupun istri. Kami sarankan istri Anda juga melakukan pemeriksaan USG rahim, HSG ataupun kadar hormon. Kondisi tubuh yang terlalu gemuk atau terlalu kurus juga dapat mengganggu kesuburan. Usaha-usaha yang dapat Anda lakukan dalam memperoleh keturunan diantaranya adalah dengan melakukan hubungan seksual di sekitar masa subur Anda.

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri. 

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.
Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit. Untuk memastikan penyebabnya, diperlukan pemeriksaan mikroskopis dengan mengambil spesimen dari cairan keputihan Anda. Anda dapat melakukan konsultasi ke dokter umum/spesialis kandungan untuk memastikan penyebab keputihan Anda.
 
Untuk menambah pengetahuan anda tentang keputihan anda dapat membaca artikel berikut ini:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (AK) 

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar