Sukses

Bentuk Dada Burung atau Barrel Chest

20 Oct 2014, 08:25 WIB
Wanita, 26 tahun.
Mau tanya dok,aku udah punya 1 ank cow usia 3 thn,waktu bayi dok mengatakan mempunyai bentuk dada burung,sekarng saya sdng hamil 3 bln .apakah yg menyebabkan bentuk dada seperti itu dok ! Dan apakah kehamilan berikut nya akan seperti itu ! Agak trauma nic doc,,
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Salam kami untuk buah hati Anda.

Bentuk dada burung atau dalam dunia medis disebut dengan "barrel chest", merupakan suatu bentuk kelainan dada yang menonjol dan membulat. Barrel chest sendiri bukanlah suatu penyakit, namun mengindikasikan adanya suatu kelainan medis yang mendasari. 

Barrel chest seringkali dikorelasikan dengan osteoarthritis atau peradangan sendi seiring dengan usia. Arthritis dapat membuat kaku sendi dimana tulang iga menempel pada tulang belakang , tidak seperti pada yang terjadi di sendi-sendi jari. Tulang iga akan terpaku pada posisi tertentu sehingga menyebabkan bentukan dada burung. 

Beberapa orang yang memiliki penyakit paru obstruktif kronik seperti emfisema dapat terbentuk dada burung dalam stadium akhir penyakitnya. Hal tersebut terjadi dikarenakan paru-paru yang secara kronis terokupasi oleh udara, sehingga menyebabkan dada mencembung. Hal ini dapat menyebabkan sulit bernafas.

Pada kasus barrel chest sendiri yang perlu diketahui dan ditangani adalah penyebab yang mendasari bukan barrel chest-nya. Kami menganjurkan agar Anda dapat membawa anak Anda berkonsultasi ke dokter spesialis anak dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait penyebabnya. Karenanya, kami tidak dapat memastikan apakah hal tersebut dapat terulang pada kehamilan Anda selanjutnya. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)


Salam,


Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar