Sukses

Kulit Keriput, Gigi Kuning dan Gigi Depan Patah

18 Oct 2014, 00:40 WIB
Wanita, 24 tahun.
Saya meu menanyakan, 1. Gigi patah yang bagian depan kira2 1/4 dari gigi karena jatuh , apakah bisa ditambal dengan sistem tambal sulam ( seperti kayak semen) 2. Gigi yang menguning sudah sering di kasih strobery mengapa tidak kunjung memutih padahal juga selalu gosok gigi habis makan dan sebelum tidur ? 3. Kulit tangan dan kaki saya semenjak kecil sudah keriput , apakah penyebabnya dan bagaimana mengatasinya
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kulit kusam dan bernoda serta keriput dapat merupakan pertanda terjadinya penuaan dini. Hal kemungkinan disebabkan karena perawatan wajah yang kurang tepat, di luar faktor eksternal yang memang dapat mempengaruhi (polusi, stress, kosmetik, dll). Kulit wajah memiliki perbedaan di dalam jenis muka dan perawatannya dengan mencuci muka 3 x/hari menggunakan sabun dengan pH netral, serta memberikan pelembab yang cocok dengan kulit Anda. Akan sangat baik apabila Anda berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk evaluasi lebih lanjut. Beberapa tips yang dapat Anda perhatikan antara lain:

  • Dalam perawatan wajah yang terpenting adalah proses pembersihan. Sebaiknya lakukan pembersihan wajah dengan sabun yang sesuai dengan kulit Anda 3x/hari.
  • Kemudian oleskan krim tabir surya pada pagi hari setiap kali bepergian ke luar rumah.
  • Oleskan krim malam yang memiliki kandungan yang baik dalam meregenerasi kulit. 
  • Anda dapat melakukan peeling yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dengan dokter kulit dan kelamin. 
  • Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, perbanyak minum air putih, makan buah-buah dan sayur-sayuran atau mengonsumsi vitamin antioksidan.

Hindarilah faktor-faktor yang dapat menyebabkan penuaan dini. Untuk informasi lengkap Anda, kami sertakan artikel:

5 Faktor Penyebab Penuaan Dini

Penuaan Dini dan Penyebabnya

Sering Kena Matahari, Kulit Cepat Keriput

Cegah Penuaan Dini dengan Makanan

13 Makanan Anti Aging

Perubahan warna gigi ada yang intrinsik (dari dalam tubuh) dan ekstrinsik (dari faktor di luar tubuh), dimana gigi dapat berubah warna menjadi kekuningan. Perlu dipastikan terlebih dulu apa yang menyebabkan gigi Anda berubah warna/menguning, baru dapat ditentukan rencana perawatan yang tepat untuk memutihkan gigi Saudara, dan perlu saya ingatkan bahwa tidak semua kondisi perubahan warna yang terjadi pada gigi dapat dihilangkan. Sebaiknya hindari penggunaan buah strawberry untuk membersihkan gigi karena sifat asam dari buah tersebut dapat merusak permukaan gigi apalagi bila paparan buah tersebut pada gigi terjadi dalam waktu yang lama. 

Penambalan pada kasus yang Saudari alami, yaitu gigi depan yang patah dapat dilakukan apabila sisa jaringan gigi yang ada masih memadai.  Namun diperlukan pemeriksaan secara langsung  untuk memastikan apakah gigi Abda masih bisa ditambal atau tidak. Selain dengan penambalan biasa pada gigi depan atas yang patah, dapat dilakukan perawatan lain yaitu veneer dan jacket crown, berdasarkan masing-masing indikasinya. Anda bisa mengunjungi dokter gigi praktek pribadi, klinik gigi bersama atau rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi dan memeriksakan langsung kondisi gigi Anda ke dokter gigi untuk mengetahui apa penanganan yang tepat.

Pertolongan Pertama Pada Gigi Patah

A-Z bleaching

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar