Sukses

Bolehkah Olahraga Setelah Melahirkan?

20 Oct 2014, 10:51 WIB
Wanita, 24 tahun.
selamat sore dok... saya habis melahirkan sekitar 33 hari yang lalu, saya stres dengan tubuh saya yang gemuk akibat hamil dulu, apakah saya boleh olah raga atau gym pada saat ini? atau ada saran untuk olah raga apa yang membuat tubuh saya turun drastis? informasi saja dulu berat badan saya 55 kg sekarang 74kg

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Berat badan yang meningkat pasca melahirkan memang seringkali menjadi masalah bagi setiap wanita. Meskipun Anda ingin secepatnya kembali ke bentuk badan semula, hal ini harus dilakukan dengan sabar. Yang terpenting saat masa menyusui adalah menghindari diet! Sebesar apapun keinginan Anda  untuk menurunkan berat badan, cobalah untuk tidak mengurangi asupan 1.800 kalori per hari, khususnya saat Anda sedang menyusui. ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi, bagus atau tidaknya kualitas ASI bergantung pada apa yang Anda makan. Makanlah makan bergizi dan seimbang. 

Olahraga adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Jika Anda melahirkan normal dan tidak ada komplikasi, Anda dapat memulai berolahraga secepatnya Anda siap. Jika Anda menjalani operasi caesar atau memiliki riwayat melahirkan dengan komplikasi, berkonsultasilah dengan dokter mengenai waktu yang tepat untuk berolahraga.

Panduan berolahraga setelah melahirkanWanita pasca melahirkan dianjurkan untuk melakukan aktivitas aerobik sedang setidaknya 150 menit/minggu. Dengan keberadaan bayi mungil Anda, melakukan olahraga terus-menerus selama 30 menit kedengarannya tidak mungkin. Jadi, Anda bisa membaginya menjadi 10 menit per sesi-nya. Selanjutnya cobalah menambah durasi hingga 20-30 menit per sesi-nya. Berikut beberapa kiat-kiatnya:

  • Lakukan pemanasan
  • Mulailah dengan pelan dan tingkatkan secara bertahap
  • Minum air yang cukup
  • Gunakan bra yang suportif
  • Hindari lelah dan capek yang berlebih
  • Berhentilah berolahraga jika Anda merasakan nyeri

Jika Anda siap untuk berolahraga, mulailah dengan olahraga ringan dan low impact seperti berjalan santai. Olahraga yang dapat anda lakukan adalah yoga, berjalan cepat, berenang, bersepeda, aerobic low-impact, jogging.

Hal lain yang penting dilakukan adalah tidur cukup dan menghindari stres. Seseorang yang kurang tidur (<7-8 jam/hari) akan lebih sulit menurunkan berat badan.

Berikut kami lampirkan artikel yang berhubungan dengan pertanyaan Anda:

Turunkan Berat Pasca Melahirkan

Prinsip Olahraga Saat Hamil

Berolahraga Setelah Melahirkan

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat dan lekas sembuh. (DK)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar