Sukses

Infeksi tenggorokan

16 Jan 2014, 11:11 WIB
Wanita, 26 tahun.
maaf dok saya tidak tau penyakit sya ini apakah termasuk tht atau bukan. pada awalnya saya demam dan meriang lalu disertai batuk dan pilek.setelah itu saya langsung radang tenggorokan.di lidah bawah saya ada semacam panas dalam dan beberapa panas dalam yg akan timbul.dipangkal lidah saya terdapat bintik2 merah yg berjumlah banyak dan memerah serta tenggorokan dan dinding2 amandel ada semacam bercak putih seperti ail liur yg nempel.jadi tenggorokan saya rasanya sakit skali.sya tak brani makan apa2 n minum saya hanya air putih hangat/panas.apa benar itu radang tenggorokan?karna pada saat saya masik TK saya pernah mengalaminya.jika posisi badan saya sangat kecapean ya langsung gini.sya mengalami TK,2007 dan saat ini sudah 2x dlm sebulan ini.parah banget.bantu saya unt mengetahui apa penyakit saya,penanggulangan dan obat apa yg bisa menghilangkan dan meredakan,ciri2nya dan makanan serta minuman apa aja yg seharusnya saya hindari dan apa yg diperbolehkan.sya sampai tak brani banyak omong karna sakit luar biasa serta masih ada riak yg keluar dr dlm mulut sya saat ini,jika kena hawa dingin langsung meriang dan tenggorokan panas,tidur pun tak pulas.saat ini sya mengkonsumsi redoxon,lamandel dan larutan penyegar cap kaki 3 serta bubur/kadang nasi putih diberi kuah yg tanpa msg tapi sya kasih jahe,bawang dan merica serta tomat.bantu saya dok....thx

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Peradangan pada tenggorokan dalam bahasa medis disebut faringitis atau tonsilofaringitis (karena sering disertai peradangan pada amandel/tonsil). Penyebab infeksi dan radang tenggorokan paling banyak adalah virus (sekitar 40-60%) dan sekitar 15% disebabkan oleh bakteri streptococcus beta hemolyticus, streptococcus viridians, dan streptococcus pyogenes. Selain itu, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh jamur. Namun perlu diketahui bahwa radang tenggorokan tidak selalu disebabkan oleh infeksi. Keadaan ini juga dapat disebabkan oleh alergi, atau iritan seperti polutan, asap rokok, dan substansi kimia lain.Gejala faringitis sangat bervariasi, bergantung pada penyebabnya. Faringitis dapat merupakan suatu kondisi yang berdiri sendiri atau merupakan bagian dari gejala penyakit lain.

 

 

 

Terapi atau pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebabnya. Pengobatan terbagi 2 yaitu nonmedikamentosa dan medikamentosa. Untuk nonmedikamentosa, adalah banyak minum minuman hangat dan mengurangi minum minuman dingin karena dapat merangsang terjadinya iritasi, mengurangi atau menghentikan merokok, dan mengurangi makanan yang dapat mengiritasi tenggorokan seperti makanan berminyak dan makanan pedas.

Untuk medikamentosa, secara umum obat yang diberikan adalah untuk mengurangi keluhan yang terjadi yaitu analgetik atau antinyeri seperti parasetamol 3 x 500 mg.

Berdasarkan cerita Anda, kami menduga sudah terjadi infeksi tenggorokan dan kemungkinan membutuhkan antibiotik yang diminum selama minimal 5 hari. Penggunaan antibiotik diberikan apabila penyebabnya adalah infeksi bakteri. Penggunaan antibiotik HARUS DIBAWAH PENGAWASAN DOKTER. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter spesialis THT untuk diagnosis dan terapi lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat dan lekas sembuh. (DK)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar