Sukses

Penyebab Ketidaksuburan Pria

19 Oct 2014, 23:08 WIB
Pria, 35 tahun.
Dok, saya sudah menikah 7 tahun lebih, tapi saya belum punya momongan. Pada saat saya berhubungan intim saya kurang merasa puas dan cepat keluar, dan sperma saya juga kurang kental. Apa penyebab dari keluhan saya tersebut Dok, dan bagaimana solusinya... ?

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Kemandulan atau Infertilitas pada Pria dapat disebabkan oleh berbagai hal:

  • Kualitas sperma yang buruk (kualitas sperma menentukan terjadinya kehamilan. Hal ini menyangkut bentuk dan gerakan sperma yang tidak sempurna.)
  • Kelainan genetik
  • Gangguan hormon (Hormon testosteron yang terganggu dapat menghambat produksi sperma)
  • Impotensi (Penyebab lainnya infertilitas pada pria yang mengakibatkan wanita sulit hamil yaitu impotensi. Jika aliran darah ke penis tidak normal maka penis tidak akan berdiri dan berejakulasi.)
  • Saluran sperma tersumbat dan varikokel
Pengobatan yang dilakukan

Pemilihan pengobatan untuk infertilitas umumnya berdasarkan pada berapa lama terjadinya infertilitas, penyebab infertilitas dan faktor usia.

Untuk pria, bila penyebab infertilitasnya adalah gangguan seksual seperti impotensi atau ejakulasi dini bisa diatasi dengan pemberian obat atau perubahan perilaku. Bila penyebabnya adalah produksi sperma yang kurang, biasanya dilakukan tindakan pembedahan, pemberian obat hormon reproduksi, atau dengan bantuan teknologi reproduksi (assisted reproductive technology/ART).

Bila penyebab infertilitas sudah cukup parah dan tidak bisa diatasi dengan pemberian obat ataupun pembedahan, maka tindakan yang diambil adalah dengan ART seperti in vitro fertilization (IVF), meningkatkan ejakulasi dengan stimulasi elektrik atau vibrator, aspirasi sperma dengan pembedahan, intracytoplasmic sperm injection (ICSI), danassisted hatching.

Ejakulasi Dini

Ejakulasi dini memiliki definisi ejakulasi yang berulang, sering, atau menetap dengan stimulasi yang minimal, sebelum, saat, atau sesaat setelah penetrasi, dan sebelum saat yang diinginkan, oleh karena tidak mampu mengendalikannya yang kemudian menyebabkan ketidakpuasan pada pasangan, rasa terganggu, dan rasa tertekan. Memang tidak ada batasan waktu dalam definisi ini, jadi selama Anda merasa ejakulasi Anda cuup memuaskan dan tidak terlampau cepat maka Anda tidak mengalami ejakulasi dini.

Untuk mengatasi ejakulasi dini pada pria maka perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu, apakah psikologik (perasaan bersalah, stress, kecemasan, disfungsi ereksi), organik (gangguan organ), atau iatrogenik (karena tindakan medis). Penyebab ED sendiri paling banyak disebabkan oleh psikologis. Penanganan kemudian disesuaikan dengan penyebabnya.

Berikut adalah beberapa artikel kami mengenai ejakulasi dini:

Ejakulasi dini

Atasi Ejakulasi Dini

Penyebab Ejakulasi Dini

Kekentalan Sperma

Kekentalan atau viskositas cairan semen dapat diketahui secara pasti dengan pemeriksaan analisis semen (air mani). Analisis semen tersebut sebetulnya ditujukan untuk menilai kualitas serta kuantitas sperma pada kasus infertilitas (ketidaksuburan) pria. Selain usia, kualitas sperma juga dipengaruhi oleh beberapa faktor pada pria seperti makanan dengan gizi kurang adekuat, stress, obesitas, obat-obat,merokok, pestisida yang terdapat dalam makanan.

Berikut beberapa artikel yang mungkin dapat membantu Anda:

5 Tips Sperma Sehat 

Makin Gemuk, Sperma Makin Sedikit

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar