Sukses

Tips untuk Mengurangi Gugup

18 Oct 2014, 15:41 WIB
Pria, 35 tahun.
Selamat sore, saya mau tanya ! Apa penyebabnya kaki saya bergetar kencang pada saat tampil berbicara di depan publik ( presentasi, pidato dll ), dan bagai mana cara mengatasinya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kegelisahan dan keresahan yang Anda rasakan. 

Perlu diketahui, sejak kapan Anda mengeluhkan kaki gemetar? Apakah keluhan tersebut timbul pada kedua kaki atau hanya hanya salah satu tangan? Kapan saja keluhan muncul? Apakah hanya muncul saat akan berpidatot? Adakah gejala lain yang dirasakan?

Keluhan tangan gemetar dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk gangguan saraf, gangguan elektrolit, gangguan kadar gula, gangguan hormon atau kelelahan otot biasa.

Tremor merupakan suatu gerakan kontraksi dan relakasi otot yang ritmis yang terjadi pada organ tubuh. Paling banyak tremor terjadi pada tangan. Banyak hal yang dapat menyebabkan tremor seperti : 

  1. Beberapa penyakit seperti kelainan saraf (multiple sclerosis, parkinson, beberapa penyakit degeneratif), gagal ginjal, hipertiroid, hypoglycemia, dan banyak lagi. 
  2. kelainan psikis seperti gugup, stres.
  3. Kurangnya tidur, terlalu capek, kurang beberapa jenis vitamin, kelebihan kopi dan soda. 

Berdasarkan cerita Anda, kami menduga bergetarnya kaki Anda saat akan berbicara di depan publik adalah karena faktor cemas, gugup, atau stres. Untuk mengurangi perasaan tersebut, Anda dapat melakukan beberapa tips di bawah ini:

  • Lakukan relaksasi sebelum tampil di depan publik
  • Pastikan Anda sudah mempersiapkan presentasi/pidato Anda sebaik mungkin, jika persiapan matang, maka akan tumbuh rasa percaya diri dan rasa cemas pun berkurang.
  • Berpikir positif, yakinlah Anda dapat mengatasi situasi dan dapat menyelesaikan presentasi/pidato Anda dengan baik
  • Hindari makanan yang mengandung kafein karena dapat meningkatkan syaraf simpatis dan membuat gejala cemas Anda bertambah
  • Meditasi atau yoga dapat membantu Anda untuk relaksasi
  • Tidur cukup
  • Tersenyum. Senyuman akan memberikan efek bahagia dan dapat mengurangi rasa cemas.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

 
Salam,
 
Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar