Sukses

Diabetes dan Impotensi

15 Jan 2014, 20:04 WIB
Pria, 48 tahun.
saya impoten dan kalau berhubungan intim tidak keluar air mani karena saya kena diabetes yang saya tanyakan apa sebabnya saya impoten dan tidak keluar airmani dan apa bisa disembuhkan trimakasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Gangguan ereksi dapat dikategorikan disfungsi ereksi dengan definisi ketidakmampuan untuk memulai dan mempertahankan ereksi. 

Gangguan ini dapat disebabkan banyak hal, diantaranya adalah :

  • Kelainan pembuluh darah
  • Kelainan persarafan
  • Obat-obatan
  • Kelainan pada penis
  • Masalah psikis yang mempengaruhi gairah seksual.
  • Diabetes melitus: diabetes mampu merusak jaringan saraf dan pembuluh darah baik  pada kemaluan, sehingga dapat menyebabkan impotensi.

Agar bisa tegak, penis memerlukan aliran darah yang cukup. Karena itu gangguan aliran darah dapat menyebabkan gangguan ereksi. Kerusakan saraf akibat diabetes melitus, alkohol, obat-obatan, juga dapat menjadi penyebab disfungsi ereksi. Bahan kimiawi rokok juga mempengaruhi aliran darah, sehingga dapat juga berkontribusi pada gangguan ereksi ini. Sekitar 25% kasus impotensi disebabkan oleh obat-obatan yaitu jenis obat antihipertensi, anti depresi, anti psikosis, obat penenang, simetidin, dan litium. Psikis seperti depresi, kecemasan, stres, perasaan bersalah, perasaan takut akan keintiman, dll juga menyumbang cukup besar penyebab dari gangguan ereksi.

Pengobatan yang diberikan bergantung pada penyebab dasarnya. Bila memang penyebab primernya adalah diabetes mellitus, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam untuk mengatasi penyakit primer Anda dan mencoba sesegera mungkin untuk memperbaiki fungsi ereksi Anda.

Beberapa sikap dan tindakan yang perlu diambil adalah :

  • Tetap pertahankan gula darah antara 100 - 120  mg, artinya anda harus rutin meminum obat anti diabetes.
  • Minum vitamin khususnya Neurobion setidak-tidaknya dua hari sekali
  • Sedapat mungkin selalu berolahraga 3-4 kali/minggu selama minimal 30 menit
  • Cobalah untuk bersikap tetap rileks dan santai

Diperlukan evaluasi lengkap dengan tambahan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan sesuai kecurigaan penyebab. Nutrisi yang dapat membantu mengatasi gangguan ereksi Anda adalah zinc dan kalsium. Jangan minum sembarang obat kuat tanpa pengawasan dokter guna menghindari efek samping yang dapat merugikan kesehatan tubuh.

Kami sertakan artikel:

Disfungsi Ereksi Pada Pria

Mengenal Jenis Disfungsi Ereksi

Masalah Seks Penderita Diabetes

Pengobatan Terbaru Atasi Impotensi

Terapi Akupuntur Bagi Penderita Disfungsi Ereksi

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar