Sukses

Suara Serak, Kanker Laring?

19 Oct 2014, 16:48 WIB
Pria, 38 tahun.
Siang dokter, ayah saya umur 69 tahun kira2 sejak 3 minggu yang lalu suaranya hilang mirip orang yang sedang terkena batuk.Karena lama tidak sembuh akhirnya dibawa ke dokter spesialis THT. Betapa terkejutnya ayah saya ketika divonis adanya tumor di pita suara. Mendengar vonis tersebut, ayah saya tidak sepenuhnya percaya dan mencoba konsultasi ke 3 dokter lain. Hasilnya 1 dokter memvonis tumor, 1 dokter lain meragukan dan 2 dokter lain memastikan itu hanyalah radang. Salah satu dokter yang menyangkal adanya tumor mengatakan adanya lendir yang sangat kental mengganggu kinerja pita suara. Mengenai kondisi fisik saat ini, selain suara hilang, ayah saya baik2 saja. Tidak ada keluhan lain, termasuk batuk juga jarang-jarang. Yang ingin saya tanyakan, apakah gejala awal dari tumor pita suara itu? Menurut dokter apa yang harus saya lakukan? Terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya kami membutuhkan beberapa informasi. Apakah terdapat benjolan di bagian leher, penurunan berat badan, nyeri menelan, gangguan pendengaran, atau mimisan? Anda memeriksakan ke dokter umum atau spesialis THT?

Suara yang serak dapat diakibatkan karena adanya masalah pada pita suara. 

Pada mereka yang memang menggunakan suara secara berlebihan, seperti, penyanyi profesional, guru, dosen, atau mereka yang sering berbicara dan menggunakan suara berlebihan dapat terjadi pembengkakan pita suara yang disebut sebagai nodul pita suara atau polip pita suara. Nodul pita suara biasanya terjadi pada kedua pita suara secara simetris. Keduanya biasa diketahui karena keluhan serak pada suara.

Radang atau infeksi laring (laryngitis) juga dapat menimbulkan gejala suara serak karena iritasi pada pita suara. Penyebabnya adalah infeksi (influenza, infeksi bakteri), gastroesophageal reflux disease (GERD), alergi. Gejala lainnya berupa demam, nyeri tenggorokan, batuk, nyeri menelan, berdahak.

Gejala utama kanker pita suara/ kanker laring adalah suara serak yang bertahap dan semakin lama semakin menghilang seiring membesarnya ukuran kanker. Kanker laring harus dicurigai jika suara serak bertahan selama minimal 2 minggu, terutama pada pria berusia lebih dari 40 tahun. Jika dibiarkan, benjolan akan semakin besar dan akan menimbulkan keluhan sesak karena menyumbat jalan napas. Merokok dan alkohol adalah faktor risiko kanker laring.

Diperlukan pemeriksaan penunjang  seperti endoskopi dan biopsi untuk memastikan diagnosis kanker pita suara/kanker laring. Mengingat keterbatasan kami dalam memperoleh informasi lengkap dan melakukan pemeriksaan fisik, kami saranakn Anda segera mengunjungi dokter spesialis THT untuk wawancara medis mendetil dan pemeriksaan lengkap untuk menentukan penanganan yang optimal. 

Berikut kami lampirkan artikel yang berkaitan dengan pertanyaan Anda.

Serak Bertahap, Waspadai Kanker Laring

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK).

Salam,

 

Tim Redaksi Kilkdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar