Sukses

Keputihan

15 Jan 2014, 17:20 WIB
Wanita, 24 tahun.
slamat siang dokter. saya cewek berprofesi karyawan swasta,dan mempunyai keluhan d bagian kewanitaan. umumnya yang dialami oleh seorang wanita adalah keputihan. keputihan sy tak kunjung sembuh,jenis keputihannya tak berwarna. cuman bau tetapi tidak gatal. belum mencoba ke dokter soalnya malu,sempat ada referensi dari teman sy yg perawat untuk minum obat fluconazole. sempat tdk berbau tetapi setelah berhenti minum obat tersebut kembali berbau lagi. setidaknya sy minta saran dokter untuk hal seperti ini, karna sy juga malu kalo harus konsultasi k dokter terdekat. soalnya terkadang banyak pertanyaan dokter yang kurang bagus dan menjebak sehingga kita sebagai pasien terkadang malu. trima kasih atas responnya.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.
 
Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.
 
Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.
 
Jika keputihan yang dialami merupakan keputihan abnormal yang disebabkan oleh infeksi maka memerlukan pengobatan dengan antijamur / antibiotik / antiparasit sesuai dengan kuman penyebabnya. Terkadang diperlukan pemeriksaan laboratorium (pemeriksaan mikroskopik dengan mengambil spesimen/cairan keputihan) untuk mencari penyebab keputihan.Pengobatan yang tidak tepat guna ataupun tidak tepat dosis alih-alih mengobati justru dapat menimbulkan kekebalan kuman penyebabnya. Kami s arankan  anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan atau dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengetahui penyebab dari keputihan dan mendapatkan pengobatan yang sekiranya diperlukan. 
 
Anda tidak perlu merasa malu untuk memeriksakan diri ke dokter. Dokter memiliki kewajiban untuk menjaga kerahasiaan setiap pasiennya. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dokter pastilah merupakan pertanyaan yang dibutuhkan untuk menunjang diagnosis penyakit Anda dan menyingkirkan kemungkinan penyakit lainnya. Keputihan yang lama dan tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi seperti perlegketan tuba saluran telur pada rahim.
 
Untuk menambah pengetahuan anda tentang keputihan anda dapat membaca artikel berikut ini:

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan,. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar