Sukses

Efek Sering Menahan Kencing

19 Oct 2014, 20:43 WIB
Pria, 18 tahun.
slamat siang, saya mau tanya nih, jika terlalu sering menahan buang air krcil/kencing, contoh:sperti stiap bangun tidur kita pasti ngrasa kbelet buang air kecil dan kita malas mau bangun, dan kita tahan rasa belet itu, apkah akan berdampak buruk bagi kesehatan, Trimakasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sering menahan buang air kecil memiliki efek samping yang kurang baik untuk kesehatan. Efek samping yang dapat terjadi berupa infeksi saluran kemih dan batu ginjal/saluran kemih. Urin atau air kencing merupakan sisa eksresi tubuh yang ditampung dalam kandung kemih, artinya urin merupakan kotoran yang tidak diperlukan tubuh dan harus dikeluarkan. 

Urin yang lama berada di dalam kandung kemih menjadi media pertumbuhan bagi bakteri dan dapat menyebabkan infeksi pada kandung kemih dan saluran kencing. Zat-zat buangan yang berada di dalam urin juga dapat mengkristal membentuk apa yang kita kenal dengan istilah batu ginjal.

Jika anda mengalami infeksi maka diperlukan terapi antibiotik. Jika Anda mengalami batu ginjal maka diperlukan terapi untuk menghancurkan/mengeluarkan batu ginjal termasuk dengan operasi. Segeralah ke toilet jika Anda merasakan sensasi untuk buang air kecil. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar