Sukses

Badan Kurus

19 Oct 2014, 16:29 WIB
Pria, 21 tahun.
salam sejahtera,semoga keadaan tim dokter selalu baik dok saya mempunyai masalah dengan berat badan saya.Saya berusia 21 tahun tinggi 167 berat 46.itu termasuk level kurus.yang membuat saya aneh berat dan tinggi saya tidak berubah dari sejak 3.5 tahun kebelakang.padahal saya sekarang sudah merubah pola makan,tidur yg cukup dan olahraga setiap pagi. 1.Apa mungkin saya terkena cacingan? tapi ciri2 cacingan yg saya baca di internet tidak ditemukan dlm diri saya 2.Jika saya mengkonsumsi obat cacing dan ternyata saya tidak cacingan, adakah dampak jika org normal meminum obat cacing? terimakasih dok, maaf jika terlalu panjang.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Anda memiliki indeks massa tubuh (IMT) 16,4, termasuk dalam kelompok underweight. Tinggi badan memang tidak akan bertambah setelah menginjak usia dewasa. Pada laki-laki puncak pertumbuhan umumnya terjadi pada usia 16-20 tahun.

Cacingan adalah salah satu penyakit yang tergolong tinggi kejadiannya di Indonesia. Siapapun bisa terinfeksi bila pola hidupnya kurang higienis. Penyakit cacingan sering muncul pada anak-anak namun dapat pula terjadi orang dewasa kalau terbukti. Obat cacing hanya diberikan jika terbukti ada infeksi cacing. Pemeriksaan cacing dapat dilakukan di semua lab dengan memeriksa feses lengkap. 

Pada dasarnya, berat badan tidak bertambah disebabkan karena konsumsi energi lebih rendah dari kebutuhan. Dalam hal ini, sebagian cadangan energi tubuh dalam bentuk lemak akan digunakan. Penyebab lain adalah karena metabolisme tubuh yang cepat (biasanya merupakan faktor keturunan). Selain itu, seseorang yang termasuk dalam kategori kurus dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti hipertiroid atau tuberkulosis. 

Jika pola makan Anda sudah baik, bagaimana dengan pola aktivitas Anda? Adakah keluhan lain yang Anda rasakan seperti batuk lebih dari 2 minggu atau tangan gemetar/sering berkeringat, sering buang air besar?

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan, antara lain:

  • Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.
  • Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu.
  • Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.
  • Istirahat yang cukup agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma.
  • Memperbanyak minum air putih.

Jika setelah melakukan tips-tips diatas berat badan Anda tidak bertambah, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk menilai apakah ada penyebab lain berat badan sulit naik, seperti tuberkulosis atau hipertiroid.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar