Sukses

Bintil Pada Kelamin

16 Jan 2014, 12:19 WIB
Pria, 28 tahun.
selamat pagi dok. saya punya problem disekitar daerah kelamin saya. disekitar kelamin saya ada 2 benjolan kecil. dulu saya sudah pernah periksa ke dokter tapi saya lupa namanya apa, dan sudah dihilangkan dengan menggunakan teknologi laser. akan tetapi sekarang muncul lagi dok. yang ingin saya tanyakan apa nama benjolan tsb? apa penyebabnya sehingga bisa kembali lagi padahal sudah pernah dilaser? apakah itu berpengaruh pada kehidupan seks saya? bagaimana cara saya untuk mengatasinya/ mengobatinya hingga benjolan tsb tidak kembali lagi? sebelumnya terima kasih untuk klikdokter.com atas bantuannya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Apakah yang Anda maksud adalah kutil? Oleh karena benjolan pada kelamin dapat disebabkan oleh beberapa hal, dan dibutuhkan pemeriksaan tubuh untuk melihat kelainan kulit yang terjadi, namun bila mendengar cerita Anda mungkin disebabkan oleh kutil.

Kutil pada kelamin (kondiloma akuminata), merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. Kadang kutil ini juga dikenal dengan istilah jengger ayam. 

Kutil pada kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan pengobatan, antara lain dengan mengoleskan bahan bernama podifilin pada kutil tersebut untuk kemudian dibilas, asam trikloroasetat, atau dengan cryosurgery, dengan laser,  atau dengan operasi kecil untuk mengangkat jengger ayam yang berukuran lebih besar. Dengan penanganan yang tepat maka kondiloma akuminata dapat disembuhkan, meskipun sering kambuh. Efektivitas penanganan sangat bergantung pada ukuran dan juga metode penanganan. 

Kondiloma akuminata juga merupakan penyakit yang ditularkan lewat hubungan seksual. Anda perlu memperhatikan agar melakukan hubungan seksual yang aman, tidak berganti-ganti pasangan dan melakukan hubungan seksual dalam hubungan pernikahan agar kondiloma akuminata tidak berulang atau terkena infeksi menular seksual lainnya.

Kami hanya dapat memberikan informasi untuk menambah wawasan Anda dan tidak dapat memberikan obat melalui sesi konsultasi, terlebih tanpa pemeriksaan langsung oleh dokter. Sebaiknya Anda konultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pengobatan lebih lanjut.

Berikut kami sertakan artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Kutil, Perlukah Diwaspadai?  

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan semoga anda lekas sembuh. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar