Sukses

Nyeri Tulang Belakang

24 Jan 2014, 20:58 WIB
Pria, 19 tahun.
Dok, apa effeknya bila saraf kaki atau tulang belakang terasa nyeri terlalu lama dan apa obatnya/cra penyebuhannya ? terimakasi
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Penyebab tersering nyeri tulang belakang adalah masalah pada tulang belakang dan jaringan penunjang dan sekitarnya berupa proses degeneratif (spondilosis, HNP, osteoartritis), penyakit peradangan (artritis rheumatoid), osteoporotik, kelainan bentuk pada tulang belakang (skoliosis), gangguan sirkulasi, tumor, infeksi, masalah psikoneurotik, dsb. Namun, penyebab paling umum adalah peregangan berlebihan akibat aktivitas berulang atau mobilisasi yang salah. Adapun risiko terjadinya LBP dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, faktor kegemukan, pekerjaan, dan aktivitas/olahraga. Adanya riwayat trauma seperti pada kasus Anda bisa menjadi penyebab keluhan yang ada.

Rasa nyeri yang Anda alami dapat dikurangi dengan konsumsi obat-obatan golongan antiradang nonsteroid seperti ibuprofen, natrium diklofenak, asam mefenamat, asetaminofen, dsb. Namun harus juga diperhatikan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini. Beberapa tips yang dapat diterapkan adalah:

  • Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja
  • Saat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang
  • Olahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.

Sementara itu, ada baiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter untuk dianamnesis dan dilakukan pemeriksaan fisis yang menyeluruh untuk memastikan penyebab nyeri pada kasus Anda. Bila diperlukan, dokter akan menyarankan pemeriksaan penunjang seperti rontgen.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar