Sukses

BAB Berdarah dan Nyeri Perut

11 Jan 2014, 19:02 WIB
Pria, 59 tahun.
dok saya mau tanya. papa saya memiliki diabetes dan hipertensi. tapi kenapa ya kalau setiap bangun tidur dari mulutnya keluar darah, perut bagian bawah terasa mulas. dan apabila ingin BAB, maka yang keluar itu darah bercampur cairan. itu kenapa ya dok? terimakasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda alami atas kondisi yang dialami oleh Ayah Anda. 

Sebelum melanjutkan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti: Apakah nyeri terletak di sisi kiri bawah atau kanan bawah atau keduanya? Bagaimana gambaran rasa sakitnya (apakah nyeri tajam atau nyeri tumpul?) Adakah keluhan menyangkut BAK (buang air kecil)? Apakah terdapat keluhan demam atau mual/muntah?  Apa yang sudah Anda lakukan untuk mengatasi nyeri Anda dan bagaimana hasilnya?

Secara garis besar, keluhan nyeri pada perut bawah (khususnya dibawah pusar) dapat disebabkan karena:

  1. Gangguan saluran pencernaan. Contohnya sumbatan pada saluran pencernaan, infeksi saluran pencernaan
  2. Gangguan sistem reproduksi. Contohnya dysmenorrhea (nyeri ketika menstruasi), hamil, kehamilan ektopik (kehamilan di luar rahim), kista ovarium, endometriosis
  3. Gangguan saluran kencing. Contohnya : kandung kencing yang terlalu penuh, infeksi kandung kencing, infeksi saluran kencing bagian bawah  

Sulit untuk menentukan diagnosis kondisi kesehatan Ayah Anda saat ini dengan informasi yang terbatas. Dan diperlukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk menentukan diagnosis Anda. Oleh sebab itu, jika keluhan tersebut semakin mengganggu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter agar dapat memperoleh penanganan yang sesuai dengan penyebab. Karena keluhan seperti ini memerlukan perhatian yang serius.

Berikut artikel yang sekiranya dapat membantu Anda:

Nyeri Perut Tak Selalu Mag

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AN)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar