Sukses

Pasca Kuret

20 Oct 2014, 10:19 WIB
Wanita, 22 tahun.
Dok,saya baru saja dikuret tanggal 2januari 2013 kemarin.Dan setelah 5hari saya mengalami nyeri perut bawah dan ada gumpalan darah sebesar kuku jari tangan.Dan tanggal 7januari setalah 1mggu kuret saya disuruh kontrol lagi,namun sama dokter tidak d USG atau cek apa sudah bersih atau blum,hanya dkasih obat dan hasil lab pun tidak dkasih.Yang mau saya tanyakan adalah: 1. Berapa lama umumnya pendarahan pasca kuret, karena saya masih ada darah meski sedikit2x. 2. Bagaimana cara mengetahui kuret sudah bersih atau belum,dan pakah saya harus melakukan USG pada dr lain? 3.Berapa jarak waktu untuk bisa hamil dan melakukan hubungan?. 4. Apakah naik motor dan memakai jeans berpengaruh,soalnya saya waktu diperiksa naik motor dan memakai jeans,setelah perut saya sakit dan keluar darah lagi sedikit banyak.
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saya turut prihatin atas kejadian yang menimpa Ibu.

Kuret bertujuan untuk mengambil dan membersihkan sisa perdarahan atau jaringan yang masih ada dan menempel. Jika lewat pemeriksaan sudah tidak ada sisa jaringan atau perdarahan di dalam rahim maka tidak diperlukan kuret. Setelah kuret emang dapat dijumpai beberapa keluhan, salah satunya adalah flek.

Umumnya setelah satu minggu dari kuretase darah sudah tidak ada lagi. Jika tidak terjadi komplikasi, umumnya kesuburan akan kembali normal.Jika sudah mendapat haid lagi berarti fungsi organ reproduksi sudah kembali normal dan sudah boleh hamil lagi. Jika seorang dikuret, seorang perempuan akan mulai berovulasi 2 - 3 minggu setelah tindakan kuretase, sehingga sebetulnya dapat segera hamil. Namun, dianjurkan agar ibu menunda kehamilan berikutnya selama kurang lebih 3 bulan, hingga organ reproduksi ibu kembali ke bentuk semula dan ibu telah siap secara fisik dan emosi untuk hamil lagi. 

Pemeriksaan lanjutan yang disarankan tentu harus didasarkan pada wawancara langsung dan pemeriksaan fisik langsung terhadap diri Anda. Sehingga tentu dokter yang memeriksa secara langsunglah yang berkompeten menentukan langkah selanjutnya bagi Anda. Semoga Ibu dan keluarga sehat selalu serta dapat segera memperoleh momongan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar