Sukses

Fisura Ani

09 Jan 2014, 17:57 WIB
Pria, 24 tahun.
bagaimana agar fisura ani tidak kambuh lagi dok..?? dan apa pantangannya .. mkasih dok
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Fisura ani merupakan suatu robekan atau luka pada daerah anus yang berbatasan dengan kulit. Pada daerah tersebut terdapat banyak saraf sensorik, sehingga adanya luka di daerah tersebut akan menimbulkan rasa sakit. Fisura ani biasanya dipicu oleh adanya feses yang keras dan besar saat buang air besar yang menyebabkan anus dipaksa untuk meregang saat buang air besar sehingga timbulah cedera  pada daerah anus tersebut.

Penanganan fisura ani sangat bergantung dari derajat keparahannya. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan fisik langsung. Fisura ani yang dibiarkan dan tidak cepat ditangani akan menyebabkan infeksi menyebar dan terjadi fistel (saluran infeksi yang panjang pada daerah anus). Untuk menangani nyeri karena fisura Ani diperlukan pemberian obat anti nyeri yang dimasukkan dari lubang anus.

Jika nyeri atau luka terasa mengganggu sebaiknya langsung diperiksakan ke dokter untuk penanganan yang optimal. Jika tidak terlalu besar maka tidak diperlukan operasi. Namun jika cukup besar dan cukup parah mungkin diperlukan tindakan operasi.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar