Sukses

Nyeri Dada Kiri

09 Jan 2014, 11:17 WIB
Wanita, 20 tahun.
Dear Dokter saya mau menyanyakan mengenai kondisi saya saat ini,dimana dada kiri atas tiba-tiba terasa sakit sekali. kronologinya, tadi malam saat saya sedang mengerjakan tugas kuliah pada malam hari. tiba-tiba dada kiri sebelah atas saya sakit lalu saya coba utnuk menenaangkan diri saya dengan menarik nafas panjang tapi yang terasa sakit dada kiri atas saya malah lebih sakit. lalu saya coba baringkan sesaat sekitar 3-5 menit, rasa nyeri pada dada kiri atas saya berhenti. lalu tadi siang (keesokan harinya) saat saya sedang bekerja di kantor.. tiba2 nyeri itu muncul lagi. tidak hanya menarik nafas dalam namun untuk batuk atau berdehem terasa sangat sakit sekali. mengapa ini bisa terjadi dok?? apakah saya terkena jantung?? hal ini kadang-kadang saja ... beberapa kali dalam tempo satu tahun terakhir. mohon jawaban dan bantuan dari dokter sekalian.. terima kasih atas kerjasamanya regards, Mela
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sulit memberikan pencerahan bila Anda kurang memberikan informasi yang lengkap mengenai keluhan Anda. Berapa lama keluhan ini sudah berlangsung? Bagaimana karakteristiknya, apakah nyeri seperti ditusuk-tusuk, atau seperti ditekan. Apakah nyeri menjalar ke daerah tubuh yang lain? Berapa lama nyeri itu berlangsung bila muncul? Seberapa kuat sakitnya? Apakah Ada keluhan lain selain sakit dada? Hal ini perlu untuk membedakan dari organ mana nyeri berasal. Apakah berhubungan dengan perubahan posisi? Seberapa luas daerah yang nyeri? 

Nyeri yang Anda alami bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, bisa dari otot atau tulang, jantung, paru-paru, saluran pencernaan, atau bisa pula karena masalah psikologis.

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.

 

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada  kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina.

 

 

 

Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan.   Untuk usia Anda, kemungkinan besar bukan sakit jantung. Tampaknya keluhan dapat berasal dari paru-paru / pleuritis. Bila keluhan menetap, Anda dapat berobat ke dokter dan dilakukan pemeriksaan rontgen paru-paru. 

 

  Keluhan nyeri dada pada orang muda jarang disebabkan oleh sakit jantung, lebih sering karena masalah otot atau tulang. Keluhan ini dapat berkurang dengan mengkonsumsi multivitamin dan antinyeri seperti paracetamol.

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (AN)


 

Salam,


 

 

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar