Sukses

Vagina Gatal & Panas

18 Oct 2014, 02:05 WIB
Wanita, 20 tahun.
permisi dok. saya ade 20th. saya mau tanya. apa penyebab vagina terasa gatal? akhir-akhir ini vagina saya terasa sgt gatal . juga menimbulkan rasa perih dan panas jika digosokkan (untuk meredam rasa gatal), saya juga seperti tidak selesai2 menstruasi. memang tidak selalu banyak. tp tidak benar2 selesai. seperti masih ada bercak sedikit. beberapa hari kemudian mulai lagi seperti menstruasi pertama. kental dan banyak. apakah itu normal? saya pikir rasa gatal tersebut juga timbul karena terlalu sering memakai pembalut yang dikarenakan menstruasi yang tidak pernah benar2 selesai.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.
 
Ya, Ibu, sepertinya keluhan gatal dan panas juga dapat disebabkan karena penggunaan pembalut yang terlalu sering. Apakah terdapat keputihan? Keluhan ini perlu dipastikan apakah karena iritasi saja atau sudah terjadi proses infeksi oleh jamur atau bakteri. 
Mengenai keluhan menstruasi yang tampak tidak normal perlu diketahui lamanya menstruasi, siklusnya, berapa banyak yang keluar dan juga keluhan yang menyertai. Sudah berapa lama keluhan Anda ini terjadi?

Haid yang jadwalnya tidak teratur perlu ditelusuri. Normalnya siklus haid seorang wanita berlangsung setiap 21-35 hari selama 3-7 hari dengan jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20-60 ml/hari. Jika siklus haid terjadi diluar batas-batas normal yang telah disebutkan diatas secara berulang, berarti telah terjadi gangguan dalam proses menstruasi dan hal ini perlu dievaluasi lebih lanjut. Banyak hal yang dapat menyebabkan siklus haid menjadi terlambat, antara lain:

  1. Stress dan depresi
  2. Nutrisi yang kurang
  3. Penurunan berat badan berlebihan
  4. Olahraga berlebihan
  5. Obesitas
  6. Gangguan hipotalamus dan hipofisis sehingga terjadi ketidakseimbangan hormon dalam tubuh
  7. Gangguan indung telur
  8. Penggunaan obat-obatan, seperti obat antidepresi, kortikosteroid, kontrasepsi oral, dll
  9. Penyakit kronik dan Sindrom Asherman
  10. Hamil

Untuk itu sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan yang mendetil dan menyeluruh sehingga masalah Anda dapat ditangani dengan tepat dan segera.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter
 
 
 
 

    0 Komentar

    Belum ada komentar