Sukses

Nyeri Saat BAB

04 Jan 2014, 22:23 WIB
Pria, 21 tahun.
Assalamualikum wr wb dok Dok, saya mau tanya. kenapa ya kalo BAB perih di anus, padahal bisanya tidak apa apa. tp mulai dari 2 hari kemarin, kalo bab selalu perih. apa ini wasir dan apakah berbahaya ? apakah obat ambiven bisa mengobati rasa perih di anus dan mengobati wasir? terima ksih dok,
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saya memahami kecemasan Anda. Berdasarkan keluhan yang Anda sebutkan, masih banyak diagnosis yang mungkin terjadi pada diri Anda, salah satunya emang benar yaitu wasir atau ambeien atau hemorrhoid. Izinkan kami menjelaskan tentang wasir.

Hemorrhoid (wasir/ambeien) merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Untuk menentukan tindakan yang perlu diambil untuk menangani ambeien Anda perlu diketahui terlebih dahulu jenis dan derajat ambeien Anda.

Hemorrhoid dibagi menjadi hemorrhoid eksterna dan interna. Untuk informasi lengkap kami sertakan artikel yang dapat Anda akses yang berjudul:

# Wasir (Hemorrhoid)


Hemorrhoid eksterna biasanya langsung dapat terlihat di daerah anus dan biasanya sangat nyeri.

Hemorrhoid interna adalah hemorrhoid yang ada di daerah rektum (bagian usus besar yang paling ujung sebelum anus). Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :

# Grade I : wasir tidak keluar dari rektum

# Grade II : wasir prolaps (keluar dari rektum) pada saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan

# Grade III : wasir prolaps saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus secara manual (didorong kembali dengan tangan)

# Grade IV : wasir mengalami prolaps namun tidak dapat dimasukkan kembali

Penanganan wasir sangat ditentukan berdasarkan tahapan wasir yang Anda alami. Oleh sebab itu sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan fisik terlebih dahulu untuk menentukan jenis dan derajat ambeien Anda. Jika Anda sudah mengunjungi dokter, derajat berapa wasir Anda?


Saat ini tidak ada obat yang dapat atau menghilangkan wasir, obat yang tersedia biasanya hanya mengurangi keluhan akibat gejala yang timbul. Cara menangani wasir satu-satunya adalah dengan pencegahan, perubahan gaya hidup dan jika tidak sembuh-sembuh dapat dilakukan operasi. Pencegahan untuk wasir dan munculnya gejala sakit dan tidak nyaman meliputi:

# Minum banyak air, makan makanan yang mengandung banyak serat (buah, sayuran, sereal, suplemen serat, dll) sekitar 20-25 gram sehari.
# Olahraga teratur.
# Mengurangi mengedan.
# Membatasi mengedan sewaktu buang air besar.
# Penggunaan celana dalam yang ketat dapat memicu terjadinya wasir dan dapat mengiritasi wasir yang sudah ada. Pilihlan celana dalam yang nyaman dan tidak terlalu ketat.
# Penggunaan jamban atau toilet jongkok juga sebaiknya dihindari.

Jika dengan cara tersebut keluhan Anda tidak dapat diatasi maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk penanganan yang lebih lanjut. Semoga Anda segera pulih.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AN)

Salam,

Redaksi Klikdokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar