Sukses

Jamur di Kelamin

20 Oct 2014, 10:44 WIB
Wanita, 18 tahun.
dok , waktu itu saya pernah cek kelamin di RS dan kata dokter kelamin saya berjamur apakah berbahaya dok ? gejala kanker servik atau hiv kah ? thanks dok regards windy

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Infeksi jamur seperti apa yang Anda maksud? Apakah Anda memiliki gejala keputihan dan gatal di sekitar kelamin? Apakah infeksi jamur di kulit dan ada perubahan warna kulit di sekitar kelamin? Apakah sudah dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk jamur? Apakah Anda pernah melakukan hubungan seksual? Mohon informasi yang lebih jelas mengenai keluhan yang Anda rasakan.

Infeksi jamur berbeda dengan kanker serviks dan HIV. Sebagian besar infeksi jamur tidak berbahaya dan disebabkan karena masalah kurangnya menjaga kebersihan tubuh. Namun, infeksi jamur juga dapat terjadi pada pasien HIV/AIDS karena imunitasnya yang rendah dan memudahkan terjadinya infeksi sekunder. Jika Anda tidak memiliki riwayat melakukan hubungan seksual, suntik narkoba, transfusi darah, maka Anda tidak perlu khawatir.

Infeksi jamur pada daerah kelamin juga bermacam-macam. Infeksi jamur pada daerah selangkangan (tinea inguinalis) terjadi karena beberapa faktor, diantaranya:

  • iklim, panas, dan kelembaban yang tinggi
  • kebersihan kulit kurang
  • sering menggunakan celana/pakaian dalam terlalu ketat
  • kehamilan, karena perubahan pH pada vagina
  • kegemukan, karena banyak keringat
  • usia: bayi dan orang tua lebih mudah terkena infeksi karena sistem imun tubuhnya tidak sebaik dewasa muda
  • imunologik: HIV/AIDS
  • penyakit kronik: diabetes, tuberkulosis, lupus

Keputihan juga dapat disebabkan oleh jamur, tanda khas nya adalah keputihan berwaran putih kekuningan dan bergumpal seperti kepala susu, gatal di sekitar vulva, dan dapat disertai keluhan nyeri buang air kecil, nyeri perut bawah, dan rasa panas. 

Jika infeksi jamur hanya di kulit, Anda cukup mendapat obat jamur topikal yang dioleskan pada daerah kulit  yang terkena dan menjaga kebersihan. Jika infeksi jamur yang Anda maksud adalah keputihan, Anda mungkin akan membutuhkan obat jamur oral. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar