Sukses

Batuk Lama dan Nyeri Pinggang

20 Oct 2014, 09:23 WIB
Wanita, 22 tahun.
Salam kenal dok,,sebulan ini saya batuk tak sembuh-sembuh dan saya sudah cek ke dokter katanya hasil ronsennya positif 2 itu artinya apa ya ? dan akhir-akhir ini punggung belakang bawa saya sering sakit nyeri dan pegal gitu kalau mao jongkok gitu,dan kadang duduk juga terasa pegal,apakah itu ada kaitannya dengan batuk saya dok ?

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Apakah Anda sudah melakukan pemeriksaan dahak? Apakah ada riwayat batuk berdarah, sesak napas, nyeri dada, penurunan berat badan, keringat malam?

Hasil pemeriksaan rontgen dada biasanya tidak dinyatakan dalam bentuk positif atau negatif namun biasanya dijabarkan mengenai kondisi paru dan jantungnya secara mendetil, apakaha ada kelainan atau normal. Hasil yang biasanya dinyatakan berupa positif atau negatif adalah pemeriksaan dahak/sputum BTA. Pemeriksaan dahak harus dilakukan minimal 3x, jika didapatkan hasil positif dari minimal 2x pemeriksaan, maka Anda dapat dikatakan menderita TBC. Jika hasil rontgen menunjukkan adanya flek pada paru yang khas untuk tuberkulosis dan hasil pemeriksaan dahak positif maka dapat dipastikan Anda menderita TBC. Sebagai pasien, Anda berhak meminta penjelasan mengenai penyakit Anda kepada dokter yang menangani jika Anda merasa penjelasan yang diberikan kurang lengkap.

Sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, saraf, tulang belakang). Kemungkinan nyeri yang Anda alami adalah low back pain (LBP). Risiko terjadinya LBP dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, faktor kegemukan, pekerjaan, dan aktivitas/olahraga. Di antara penyebab LBP yang lain adalah proses degeneratif (spondilosis, HNP, osteoartritis), penyakit peradangan (artritis rheumatoid), osteoporotik, kelainan bentuk pada tulang belakang (skoliosis), gangguan sirkulasi, tumor, infeksi, masalah psikoneurotik, dsb.

Rasa nyeri yang Anda alami dapat dikurangi dengan konsumsi obat-obatan golongan antiradang nonsteroid seperti ibuprofen, natrium diklofenak, asam mefenamat, asetaminofen, dsb. Namun harus juga diperhatikan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini. Beberapa tips yang dapat diterapkan adalah:
  • Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja
  • Selalu perhatikan posisi duduk atau berdiri yang benar
  • Saat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang
  • Olahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.
  • Hindari olaharaga yang memberikan beban pada tulang belakang seperti lari dan mengangkat beban yang justru akan memperparah nyeri, seperti lari atau angkat beban
  • Tidur dalam posisi lurus, sebaiknya di atas kasur/alas yang keras
  • Coba latihan kekuatan otot punggung/latihan core seperti plank, side plank, bridge.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga Bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar