Sukses

Kontrasepsi untuk Ibu Menyusui

03 Jan 2014, 21:25 WIB
Wanita, 24 tahun.
Pagi klik dokter Dok,daya telah melewati masa nifas dan anak saya sudah berumur 3 bulan. namun saya belum mengalami menstruasi kembali setelah masa nifas. apakah itu hal yang wajar?? apakah dikarenakan saya masi memberikan ASI kepada anak saya?? Kira-kira KB apa yang cocok untuk saya yang masi menyusui? karena yang saya dengar spiral bisa dipasang saat datang bulan dan tidak boleh digunakan sekarang karena saya persalinan secara caesar. thanks, Meriani

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Keadaan yang Anda alami wajar terjadi. Menyusui bayi secara eksklusif sebenarnya merupakan salah satu metode kontrasepsi alamiah yang disebut dengan MAL (Metode Amenorhea Laktasi).  Metode ini bekerja sesuai dengan fisiologi menyusui sehingga kehamilan dapat dicegah. Terdapat 3 kriteria dari MAL, yaitu amenorhea (tidak menstruasi), menyusui secara eksklusif, ASI diberikan sesuai kemauan bayi atau minimal 8x/hari, dan kurang dari 6 bulan setelah melahirkan. Namun, jika Anda mulai memberikan susu formula ataupun makanan padat (tidak eksklusif) atau setelah 6 bulan, maka kesuburan.

Penggunaan kontrasepsi alamiah ini tidak menjamin 100 % akan mencegah kehamilan. Oleh karena itu tetap dianjurkan agar menggunakan kontrasepsi lainya seperti:

  • kondom
  • ejakulasi terputus (ejakulasi diluar vagina)
  • IUD atau spiral
  • KB hormonal yang tidak mengandung estrogen. Estrogen dapat menghambat produksi ASI. Gunakan KB yang mengandung progestin saja seperti minipil, implan, depo-provera.

Pemasangan IUD/spiral dapat dilakukan kapan saja, tidak hanya saat menstruasi. Saat menstruasi memang saat terbaik untuk pemasangan IUD asalkan dipastikan tidak terjadi kehamilan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (DK)

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar