Sukses

Nyeri Pinggang

03 Jan 2014, 16:24 WIB
Wanita, 32 tahun.
Siang Dok, saya setiap bangun tidur pinggang saya sakit , jadi harus tunggu 15 menit baru bisa bangun, awalnya saya rasakan sakit saat melahirkan anak ke dua ku secara ceasar dan sekalian dengan operasi hernia awalnya saya pikir krn sedang kasih ASI dengan sambil tiduran jadi pinggang saya sakit tp setelah anak saya tidak ASI lagi pinggang saya masih sakit dan badan saya kadang tiba2 pusing dan lemas saya sudah coba periksa ke dokter di RS Mitra bekasi barat dan di rontgen hasil rontgennya baik2 aja skrg saya diusiulkan untuk MRI tapi saya belum siap menurut Dokter saya harus bagaimana ?? Mohon petunjuknya Note : teman saya bilang itu adalah saraf kejepit dan bisa disembuhkan dengan ikutan senam orang tua apa benar seperti itu ?? atas kesempatannya saya ucapkan terima kasih

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, saraf, tulang belakang). Bila menyebar hingga kaki dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf. Keluhan nyeri pinggang yang Anda rasakan juga daapt terkait dengan posisi tidur Anda. Anda dapat mencoba untuk melakukan peregangan beberapa kali sewaktu Anda sehabis bangun tidur atau bekerja. Hal ini diharapkan dapat mengurangi rasa pegal punggung anda.

Kemungkinan nyeri yang Anda alami adalah low back pain (LBP). Risiko terjadinya LBP dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, faktor kegemukan, pekerjaan, dan aktivitas/olahraga. Di antara penyebab LBP yang lain adalah proses degeneratif (spondilosis, HNP, osteoartritis), penyakit peradangan (artritis rheumatoid), osteoporotik, kelainan bentuk pada tulang belakang (skoliosis), gangguan sirkulasi, tumor, infeksi, masalah psikoneurotik, dsb.

Rasa nyeri yang Anda alami dapat dikurangi dengan konsumsi obat-obatan golongan antiradang nonsteroid seperti ibuprofen, natrium diklofenak, asam mefenamat, asetaminofen, dsb. Namun harus juga diperhatikan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini. Beberapa tips yang dapat diterapkan adalah:
  • Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja
  • Selalu perhatikan posisi duduk atau berdiri yang benar
  • Saat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang
  • Olahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.
  • Hindari olaharaga yang memberikan beban pada tulang belakang seperti lari dan mengangkat beban yang justru akan memperparah nyeri, seperti lari atau angkat beban
  • Tidur dalam posisi lurus, sebaiknya di atas kasur/alas yang keras
  • Coba latihan kekuatan otot punggung/latihan core seperti plank, side plank, bridge.

Apabila setelah menerapkan tips di atas keluhan tidak juga membaik, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf atau spesialis rehab medik. Pemeriksaan MRI lebih sensitif untuk melihat jaringan lunak dan syaraf, sebaiknya Anda memang melakukan pemeriksaan MRI untuk memastikan penyebab nyeri pinggang Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar