Sukses

Pegal-pegal pada Pinggang

03 Jan 2014, 11:05 WIB
Pria, 18 tahun.
saya amir,18 tahun,berat 65 kg,tinggi 172 cm,saya sering merasa sakit kepala dan pegal2 di kaki serta pinggang,itu gejala apa dan apa hubungannya ya dok?
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Kami memahami kekhawatiran Anda atas kondisi yang Anda alami. Sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, saraf, tulang belakang). Bila menyebar hingga kaki dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf. Dapat juga disebabkan oleh spasme otot, ataupun adanya batu pada ginjal yang menyebabkan nyeri pada pinggang. Jadi berdasarkan keluhan saja kita tidak bisa mencari diagnosa bapak, sebaiknya memang dapat dilakukan pemeriksaan lanjutan (pemeriksaan tubuh, atapun rontgen/USG). 

Coba konsumsi banyak air putih dan hindari gerakan yang dapat menambah beban ke punggung, seperti mengangkat barang berat, dan coba hindari posisi yang memperburuk posisi tubuh. Untuk hasil MCU biasanya dengan peningkatan trigliserid biasanya tidak muncul nyeri pada pinggang ataupun dengan peningkatan enzim hati. 

Bila dirasa keluhan pada pinggang anda semakin bertambah parah maka sebaiknya Anda memeriksakan keluhan tersebut ke dokter spesialis penyakit dalam.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar