Sukses

Kesemutan

03 Jan 2014, 11:28 WIB
Pria, 20 tahun.
Dok saya sering merasakan kesemutan di seluruh bagian kaki saya dok sampai2 saya susah untuk bangun dan berdiri sakit rasanya dok,,, kira2 ini karena apa yang dok? bahaya ga? 1 lagi dok saya ga tau ini faktor kebiasaan atau gimana? tapi bagian belakang leher saya selalu kayak pengen banget di apa yah? istilahnya dok selalu bunyi bagian belakang leher saya dok ga bisa berhenti kebiasaan saya bunyikan leher belakang dok apa baik2 saja seperti ini dok?
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah kesemutan disertai rasa nyeri saat menggerakan pergelangan tangan? Kesemutan atau parestesia dalam ilmu kedokteran, adalah sensasi pada permukaan tubuh tertentu yang tidak dipicu rangsangan dari dunia luar. Sensasi tersebut adalah sensasi rasa dingin atau panas di suatu bagian tubuh tertentu, atau sensasi rasa dirambati sesuatu. Parestesia itu timbul bila terjadi iritasi pada serabut saraf yang membawa sensasi kesemutan.

Kesemutan terjadi jika syaraf dan pembuluh darah mengalami tekanan, misalnya, saat duduk bersimpuh atau menekuk kaki terlalu lama, maka syaraf dan aliran darah terganggu. Umumnya kesemutan akan mereda jika bagian tubuh yang mengalaminya digerakkan.

Penyebab lain dari kesemutan dapat terjadi akibat dari gangguan pada saraf tepi, otot, sumsum tulang belakang, atau bahkan otak. Penyebab kesemutan akibat penyakit lain diantaranya adalah diabetes melitus, Carpal Tunnel Syndrome, gangguan jantung, dan rematik. Carpa Tunnel Syndrome adalah penyebab tersering gangguang syaraf pada tangan yang gejala utamnya adalah kesemutan dan nyeri, terutama pada 3 jari terluar (kelingking, jari manis, jari tengah). Apabila gejala tidak mereda setelah tangan dan kaki digerakkan, saya sarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter spesialis syaraf untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh. 

Jika keluhan yang Anda alami dirasakan sangat mengganggu, kami menganjurkan agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis saraf.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter 


 

    0 Komentar

    Belum ada komentar