Sukses

Keputihan

03 Jan 2014, 14:16 WIB
Wanita, 29 tahun.
saya ada masalah dengan keputihan yang menahun. seingat saya waktu masih SMP mengalami keputihan yg berwarna kuning kehijauan, gatal, berwarna putih dan meninggakan bekas seperti krim. baunya anyir. Waktu SMA pernah keputihan saya seperti berbusa, tp saya sudah tdk mengalami keputihan yg berbusa lg hingga sekarang. hanya saja yg saya alami semasa SMP sampai saat ini masih terjadi. saya tdk pernah melakukan pemeriksaan ke dokter, saya takut. apakah mempengaruhi kesuburan saya untuk bisa hamil? apakah sangat berbahaya terhadap janin jika saya hamil?
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.
 
Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.
 
Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.
 
Dari cerita yang anda sampaikan, keputihan anda bisa jadi disebabkan oleh infeksi, terutama bila sudah terjadi perubahan warna, berbau, dan menimbulkan gatal. Jika keputihan yang dialami merupakan keputihan abnormal yang disebabkan oleh infeksi maka memerlukan pengobatan dengan antijamur / antibiotik / antiparasit sesuai dengan kuman penyebabnya. Pengobatan yang tidak tepat guna ataupun tidak tepat dosis alih-alih mengobati justru dapat menimbulkan kekebalan kuman penyebabnya. Kami sarankan  anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan atau dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengetahui penyebab dari keputihan  pada  anda dan mendapatkan pengobatan yang sekiranya diperlukan.
 
Untuk menambah pengetahuan anda tentang keputihan anda dapat membaca artikel berikut ini:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan anda lekas sembuh. (NO) 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar