Sukses

KB Spiral

03 Jan 2014, 12:28 WIB
Wanita, 30 tahun.
saya mau tanya ? apakah ada efek nya sy menggunakan kb spiral , tp keputihan sy lancar dan kadang berbau tp tdk gatal. berbagai cara sudah sy lakukan ,sy pernh kedokter untuk lepas kb sy tp dokter menyarankan tdk usa krn memang itu efek kb sy,jd sy putuskan memkai cristal x ,keputihan sy berhenti dan sdh tdk bebau.apakah ada efekx memaki cristal x.maksih
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Jenis KB spiral atau IUD sebenarnya bermacam-macam sehingga waktu pemakaiannya pun tergantung jenis yang Anda pakai. Secara umum, pemakaian KB spiral atau IUD biasanya dianjurkan diganti antara 5-10 tahun, tergantung jenis alatnya. Sehingga berdasarkan cerita Anda, mungkin ada baiknya Anda kontrol KB ke dokter kandungan atau bidan pada tahun ini untuk memastikan penggantian KB Anda. 

Adapun KB spiral tidak memiliki efek mengurangi kesuburan, sehingga segera setelah dilepaskan tingkat kesuburan Anda akan kembali normal, sehingga kemungkinan hamil lagi pun akan sangat besar.

Mengingat hal ini, maka untuk menunda kehamilan sebaiknya Anda melanjutkan dengan KB sesudah melepaskan KB spiral yang saat ini Anda gunakan. Mengenai jenis KB yang sebaiknya Anda gunakan, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kandungan atau bidan di sekitar Anda. Hal ini karena pemilihan KB merupakan sesuatu yang harus dipertimbangkan dengan baik, lengkap dengan kondisi kesehatan Anda saat ini.

Berikut adalah link artikel terkait pertanyaan Anda:

https://www.klikdokter.com/sexandrologi/subpages/detail/20/7/kontrasepsi

https://www.klikdokter.com/sexandrologi/read/2010/07/05/28/mekanik

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

TIm Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar