Sukses

BAK Berdarah

03 Jan 2014, 13:10 WIB
Wanita, 19 tahun.
Selamat Pagi Team Klikdokter.com Saya Caca, Dok disini saya ingin menayakan gejala yang di alami oleh Suami saya, Dokter sudah 3kali ini suami saya pas kencing di akhir-akhir setelah kencing selesai, alat kelamin suami saya mengeluarkan darah.. Kenapa ya Dok? Apa itu bisa di sebut Hematuria? Kemarin saya dan suami saya sempat tes lab dan di dalam sedimen urine terdapat eritrosit di sana tertulis 8-10, saya sangat khawatir dengan keadaan suami saya, Suami saya juga di sarankan untuk USG Urologi.. Apa separah itu Dok penyakit suami saya, smpai harus di USG? apa itu mungkin juga ada Batu urin yang akan keluar dan menggores saluran kencing nya Dok? Hanya itu yang saya tanyakan, terimakasih..
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Terdapat beberapa penyebab Buang Air Kecil (BAK) yang disertai darah, antara lain: adanya batu saluran kemih, infeksi saluran kemih, inflamasi atau peradangan non-infeksi seperti sititis interstisial, tumor kandung kemih atau ginjal, polip, atau prostat, dan tentunya trauma pada ginjal atau abdomen.

Untuk memeperkirakan penyebabnya, diperlukan tambahan informasi, seperti nyeri yang menyertai BAK, adanya perubahan kuantitas atau kualitas BAK, perubahan bau BAK, perubahan frekuensi BAK, adanya rasa nyeri pada pinggang atau perut bagian bawah, demam, penurunan berat badan, mual-muntah, diare, riwayat trauma, dll. Sedangkan untuk memastikan perlu dilakukan pemeriksaan urin, darah, serta pemeriksaan radiografi perut bagian bawah/ginjal.

Kami menyarankan Ibu untuk membawa suami berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam atau bedah urologi secara langsung. Karena gejala darah pada BAK perlu dianalisis secara mendalam agar diketahui penyebabnya sehingga dapat dilakukan penatalaksanaan segera.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar