Sukses

Bercak Darah dan Dismenorea

02 Jan 2014, 02:52 WIB
Wanita, 25 tahun.
Dok, belakangan ini beberapa minggu sebelum jadwal menstruasi saya selalu ada bercak darah segar bercampur lendir kemerahan tidak terlalu banyak seperti layaknya menstruasi tapi tidak ada keluhan apapun. Bercak muncul selama 3-4 hari tapi tidak teratur. Sebelumnya di hari pertama menstruasi selalu sangat sakit tak tertahankan sehingga perlu minum obat penghilang nyeri karena juga pusing dan bahkan muntah, belakangan sudah tidak lagi. Apakah itu juga menstruasi saya yang tidak lancar ataukah itu ada masalah dengan selaput dara saya?terima kasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Adanya flek-flek darah yang keluar dari kemaluan bisa memiliki banyak arti. Sebelumnya, Kami ingin menanyakan bagaimana siklus haid anda? Apakah selama ini teratur? Timbulnya flek-flek darah dapat mengindikasikan adanya gangguan siklus haid akibat gangguan keseimbangan hormon atau dapat juga berasal dari perdarahan akibat infeksi di saluran reproduksi.

Flek darah yang terjadi akibat gangguan hormon biasanya disertai pula oleh perubahan dalam pola mesntruasi. Gangguan keseimbangan hormon dapat terjadi pada :

  • Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • Pada pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Pada penderita obesitas
  • Orang dengan stres psikologis
  • Orang dengan aktivitas berlebih seperti atlit
  • Gangguan indung telur
  • Kekurangan vitamin K
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kelainan pembekuan darah
  • Gangguan hormon tiroid

 Jika siklus haid anda tidak terganggu, bisa jadi flek-flek darah tersebut terjadi akibat adanya infeksi di saluran reproduksi anda. Disamping menyebabkan flek-flek darah, infeksi pada saluran reproduksi biasanya ditandai dengan adanya keputihan yang abnormal, yaitu keputihan yang berubah warna dari warna bening menjadi warna putih susu, keabuan, hingga kehijauan, dapat disertai bercak-bercak darah, berbau, banyak dan disertai oleh rasa gatal atau terbakar di daerah kemaluan.

Rasa sakit yang timbul setiap kali datang bulan sering dialami oleh banyak wanita. Rasa sakit ini biasanya dirasakan di perut bagian bawah yang timbul setiap hari ke-1 hingga hari ke-3 dari siklus menstruasi. Rasa nyeri yang diarasakan oleh setiap wanita berbeda beda, dapat berupa nyeri ringan maupun berat hingga mengganggu aktivitas sehari hari. Jika nyeri yang dirasakan sangat berat dan mengganggu aktivitas sehari hari dikenal dengan nama dismenorea. Terdapat dua jenis dismenore, yaitu :

  • Dismenorea primer : dismenore tipe ini timbul sejak haid pertama dan akan pulih sendiri dengan berjalannya waktu dengan lebih stabilnya hormon tubuh . Nyeri haid ini adalah normal, dan tidak membahayakan kesehatan. Dismenorea ini terjadi murni karena kontraksi otot rahim saat menstruasi akibat dari hormon prostaglandin
  • Dismenorea sekunder : biasanya baru timbul di kemudian hari setelah menstruasi pertama. Berlangsung lebih dari 3 hingga 4 hari dan disertai mual, muntah atau bahkan diare. Dismenore ini dapat disebabkan oleh beberapa panyakit/kelainan penyebab, antara lain : kelainan atau penyakit seperti infeksi rahim, kista atau polip, tumor sekitar kandungan,dll.

Untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan sehingga bisa mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar