Sukses

Dahak Pada Infeksi Paru-Paru

19 Oct 2014, 23:23 WIB
Pria, 26 tahun.
masih lanjut dari pertanyaan saya yang ini dokter https://www.klikdokter.com/inbox/read/2013/12/31/26768/penyakit-paru-paru , Arsipnya sya ga pegang.semua ada di rumah sakit tempat saya berobat. tapi waktu tes laboratorium dahak saya negatif dok.cuma memang dahak yang saya kluarkan terhitung agak banyak dari dahak biasa, seperti paru2 basah. yang saya kwatirkan hanya kelaurga saya nnti ketika saya menikah dok..takut mereka seprti saya..yang saya bingung dahak nya ga habis2,atau memnag ada perawatan khusus agar dahak yg saya keluarkan terhenti dok..terimakasih . :)
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Kalau memang gejala Anda seperti dahak yang banyak kemungkinan besar itu merupakan gejala cystic fibrosis ya? Ia kalau dengan kondisi dahak yang banyak memang resiko tinggi untuk terjadi infeksi ya pak jadi infeksi itu yang mungkin bapak tularkan ke pasangan bapak. Namun bila penyakit bapak adalah cystic fibrosis maka kemungkinan besar dapat diturunkan ke anak bapak, jadi bila ingin mempersiapkan kehamilan sebaiknya dilakukan juga pemeriksaan genetis.

Untuk pengobatan memang agak sulit pak untuk menghilangkan dahak, bapak memerlukan pengobatan yang dilakukan dengan jangka waktu lama oleh karena dengan kondisi bapak, dahak akan terus diproduksi pak, yang dapat dilakukan adalah menjaga agar fungsi paru-paru bapak terus baik.

Kami menyarankan agar bapak konsultasi ke dokter specialis paru pak untuk penanganan lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar