Sukses

Manfaat Daun Sirih dan Xylitol

18 Oct 2014, 18:31 WIB
Wanita, 22 tahun.
Terimakasih dok atlas jaws ban Dari pert anyway Saya seek umma sangatlah menambah info Dan membantu :) Jika boleh maaf Saya ingin bertanya kembali dok. Saya sekarang memang sedang menuntaskan peralatan menambah Gigi Saya ke dokter Gigi, sekiranya Saya sudah berganti dokter Gigi sebanyak 3x karena penambalan yang tidak baik Dan Malay membuat Gigi Saya Tampak jelek Dan semakin belang. Tapi kind mudah2an pilihan yang sekarang adalah yang sudah baik. Hanya Ada yang ingin Saya tanyakan dok untuk memastikan saja. Dok, apakah betul jika ada yanga disebut carries arested atau lubanga yanga terhenti yang berwarna kecoklatan tidak perlu di tambal atau dihilangkan? Karena sudah terhenti dan hanya aktif lagi kalau saya tidak menjaga kebersihan mulut dan gigi? Ataukah sebaiknya si kecoklatan atau kehitaman tersebut juga diambil dan ditambal dok? Lalu dok untuk sirih apakah pemakaian setiap hari bisa membuat gigi kuning atau meninggalkan stain pada gigi? Dan bagaimana konsumsi yang baik untuk xylitol ya dok? Karena saya sendiri memiliki ketakutan gigi saya akan bertambah buruk kalau saya salah merawat lagi. Jadi saya meminta second opinion pada dokter. Terimakasih dok sebelumnya Regards, eriza :)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Saudari.

 

- Daun sirih segar mengandung banyak zat kimia diantaranya vitamin C, jodium, karbohidrat, kalsium, protein, lemak, air, tiamin, riboflafin, zat besi, kalsium, fosfor, tepung, glukosa, sukrosa, karoten dan minyak atsiri. Minyak atsiri pada daun sirih merupakan zat yang berdaya antiseptik, antioksidan, antimikroba, dan mempunyai aktivitas terhadap beberapa macam bakteri yang ada didalam mulut. Berdasarkan suatu penelitian daun sirih merupakan salah satu jenis tumbuhan yang mempunyai daya antibakteri paling tinggi terhadap jenis bakteri dalam rongga mulut seperti streptococcus viridans dan staphilocccus aureus. Jadi rebusan daun sirih cukup baik bagi kesehatan rongga mulut Saudari. Sejauh ini kami belum menemukan referensi yang mengatakan bahwa berkumur dengan rebusan air daun sirih dapat meninggalkan stain pada gigi.

- Produk yang biasanya mengandung xylitol adalah pasta gigi dan permen karet. Dan manfaat Xylitol bagi kesehatan gigi dan rongga mulut  adalah menghambat pertumbuhan bakteri yang merusak gigi dan menyebabkan gigi berlubang, mengurangi resiko terbentuknya plak pada gigi, meningkatkan proses terbentuk remineralisasi lubang gigi pada tahap awal, menghambat kerusakan lapisan permukaan gigi, menghambat produksi asam oleh bakteri yang berada disekitar gigi. Tetapi pemakaian produk dengan kandungan Xylitol tidak baik untuk jangka panjang, karena dapat membuat bakteri menjadi kebal.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar