Sukses

Seberapa Penting USG 4D?

04 Jan 2014, 11:23 WIB
Wanita, 30 tahun.
Dok saat ini usia kehamilan saya menginjak 29 minggu. saya ingin bertanya mengenai perlukah USG 4 Dimensi itu? kemudian kapan waktu yang tepat untuk melakukan USG 4 Dimensi? karena selama ini pemeriksaan kehamilan saya dilakukan melalui USG 2 Dimensi. terima kasih..
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. USG dalam kehamilan pada prinsipnya merupakan alat bantu diagnostik atau membantu mendiagnosis hal-hal yang terjadi saat kehamilan. USG yang dikenal di masyarakat kini adalah USG 2 dimensi (2D), 3D dan 4D. Pada USG 2D, hanya dapat memperlihatkan potongan gambar janin secara horizontal maupun vertikal. Sedangkan teknologi yang dimiliki oleh 3D dan 4D lebih maju. Melalui USG 3D, gambar janin dapat dilihat secara utuh, seperti melihat langsung. Sedangkan pada USG 4D, bedanya dengan 3D adalah kita dapat melihat gerakan tubuh janin maupun ekspresi wajah secara langsung. Gerakan-gerakan tersebut dapat direkam, sehingga tentunya membuat para orang tua lebih terkesan.

Mengenai waktu yang tepat dalam penggunaan USG 4D tergantung dari indikasi. Jika dicurigai terdapat kelainan kongenital pada janin, maka dapat digunakan USG 4D agar terlihat lebih jelas, misalnya seperti bibir sumbing, kelainan pada langit-langit mulut, ataupun kelainan jantung. Karena untuk menampilkan gambar pada USG sangat tergantung dari keahlian dokter yang mengoperasikannya. 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (PNA)


Salam,


Redaksi Klikdokter 


 

    0 Komentar

    Belum ada komentar