Sukses

Leher Kaku dan Hipertensi?

20 Oct 2014, 10:54 WIB
Pria, 30 tahun.
selamat siang, saya laki-laki 30 thn dok, sudah 2 minggu ini saya mengalami gangguan leher terasa kaku dan sakit kepala bila di gerak kan, dan mata juga agak nyeri kalau di tekan. perlu di ketaui dok, salah satu pekerjaan saya sebagai programmer, setiap hari saya duduk di depan komputer, dari beberapa artikel yang saya baca kemungkinan mengalami kelelahan. saya coba untuk kurangi aktivitas saya, tapi masih saja, saya lakukan joging, gonta-ganti posisi tidur tapi masih saja leher terasa sakit, bahkan 3 hari terakhir ini saya merasa meriang, mulut terasa pait tetapi tidak pilek, kira-kira saya menderita penyakit apa dok,lalu bagaimana mengatasinya, apakah ada hubungan nya dengan hipertensi, perlu di ketahui juga saya tekanan darah saya cenderung hipertensi. Terimakasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelum melanjutkan, ada beberapa hal yang perlu kami ketahui. Kapan saja sakit/kaku leher Anda rasakan? Apakah ada pemicu tertentu yang menyebabkan Anda merasakan sakit/kaku leher? Adakah tindakan yang telah Anda lakukan atau adakah obat-obat anti nyeri yang telah Anda konsumsi? Jika sudah, bagaimana hasilnya?

Sakit/kaku leher seperti keluhan Anda dapat disebabkan karena kelainan otot, tulang, persendian, persarafan. Untuk mengetahui penyebab dari keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan fisik langsung dan juga beberapa pemeriksaan penunjang yang diperlukan. 

Jika Anda sudah mengunjungi dokter dan sudah diperiksa dan sudah diterapi serta hasilnya baik, maka hal yang perlu diperhatikan adalah posisi tubuh.

Bagaimana posisi tubuh Anda ketika beraktivitas? Bagaimana dengan posisi ketika Anda tidur? Kaku leher dapat disebabkan karena posisi yang kurang baik saat beraktivitas atau pada saat tidur. Bantal yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, aktivitas yang banyak menunduk atau tidur miring dapat menyebabkan kekakuan pada leher.

Anda dapat mencoba melakukan pemijatan ringan pada daerah leher yang kaku untuk relaksasi otot dan juga lebih memperhatikan posisi leher Anda saat beraktivitas dan saat tidur. 

Berapakah tekanan darah Anda? Secara umum kondisi hipertensi adalah keadaan dimana tekanan darah sistolik seseorang lebih dari 140 mmHg dan lebih dari 90 mmHg pada diastolik. Gejala yang sering ditemui pada penderita hipertensi biasanya: nyeri kepala, pusing, mimisan, nyeri dada, pandangan kabur, dan sulit bernafas.

Faktor resiko yang dapat menyebabkan seseorang mengidap Hipertensi yakni:

  • Laki laki usia diatas 55 tahun, dan diatas 65 tahun pada wanita.
  • Riwayat darah tinggi dalam keluarga
  • Obesitas dan kurang olah raga
  • Asupan garam terlalu tinggi
  • Stress
  • Rokok, alkohol, dan obat obat terlarang
  • Kondisi medis seperti Diabetes, kolesterol, gangguan ginjal, gangguan tiroid, atau kelainan kelenjar adrenal
  • Konsumsi obat obatan tertentu seperti steroid, pil KB.

Kami sertakan artikel kami agar dapat Anda baca : Hipertensi. Bila memang cenderung tinggi, sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam untuk mendapatkan obat anti hipertensi. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar