Sukses

Nyeri di Bawah Dada Kanan

20 Oct 2014, 10:56 WIB
Pria, 29 tahun.
Salam Hormat Dok.. Saya mau tanya berikut keluhan yang sering di alami, rasa sakit atau nyeri pada bawah rongga dada sebelah kanan. apakah itu liver dok? terimakasih..

Saudara yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Apakah yang anda maksudkan nyeri di bawah rongga dada kanan itu adalah nyeri di bagian perut kanan atas? Apakaha ada gejala lain seperti sesak napas dan nyeri saat menarik dada?

Keluhan pada perut atas bagian kanan dapat disebabkan karena berbagai macam hal. Yang perlu diketahui adalah organ di daerah tersebut, yaitu kulit, otot, hat/liveri, empedu, tulang (apabila nyeri berdekatan dengan daerah tulang iga). Masing-masing organ tersebut dapat menyebabkan keluhan nyeri.

Perlu dicari lebih dalam lagi adakah riwayat trauma, riwayat penyakit hati seperti hepatitis, riwayat minum alkohol, memakai jarum suntik bersama, transfusi darah, riwayat gastritis (maag), hubungan antara keluhan nyeri dan makanan, kapan saja terjadinya nyeri, sejak kapan, dan masih banyak hal yang perlu diketahui sebelum dapat ditentukan dengan pasti penyebabnya.

Penyebab paling sering adalah adanya batu atau infeksi di kandung empedu, batu pada saluran kemih dan ginjal juga dapat menyebabkan nyeri, peradangan pankreas, peradangan lambung, infeksi dan peradangan pada hati atau peradangan pada saluran pencernaan, 

Bila terjadi nyeri yang hebat mungkin saja terdapat batu ada saluran atau kandung empedu anda. Kami menyarankan agar anda segera berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam, sebab sepertinya harus dilakukan beberapa pemeriksaan seperti pemeriksaan USG, foto perut, dan pemeriksaan darah. Untuk saat ini coba kurangi makanan yang berlemak, banyak mengkonsumsi air putih, jangan telat makan, hindari makanan pedas, kopi dan teh.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium untuk memastikan gangguan yang Anda alami dan mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar