Sukses

Herpes Simpleks

27 Dec 2013, 09:59 WIB
Pria, 23 tahun.
Dok mau tanya, saya punya penyakit herpes dan sekarang sampai di sekitar kelamin. Menurut dokter langkah yang terbaik untuk menyembuhkan gimana ya ? makasih.

Terima kasih atas pertanyaan Anda,

Berdasarkan gejala yang Anda berikan, kemungkinan paman Anda terinfeksi herpes simpleks virus (HSV) tipe 2.  Herpes simpleks virus 1 dan 2 adalah kelompok virus dari famili Herpesviridae yang dapat mengakibatkan infeksi di manusia. HSV merupakan neurotropik dan neuroinvasif virus yang berarti mereka termasuk jenis virus yang dapat memasuki sistim saraf manusia

Transmisi atau penularan virus tersebut terjadi akibat kontak dengan orang yang terinfeksi yang menularkan virusnya melalui cairan tubuh, baik ludah ataupun cairan yang keluar dari kemaluan.  HSV terdiri atas HSV-1 dan HSV-2. HSV-1 umum terjadi pada daerah wajah, sedangkan HSV-2 lebih sering berkaitan dengan herpes genital. 

Bagaimana pengobatannya?

Yang dapat dilakukan adalah mengurangi penyebaran dari virus. Dengan makan dan istirahat teratur, meningkatkan daya tahan tubuh,  memakai salep antivirus, obat oral antivirus, dan parasetamol, maka gejala herpes akan berkurang sedikit demi sedikit. Namun perlu diwaspadai, setelah infeksi primer, HSV menjadi laten di sel saraf dan apabila kondisi paman Anda sedang drop atau kekebalan tubuh berkurang, maka HSV dapat kambuh kembai.

Sekian jawaban dari saya, semoga membantu. (DK).

Terima kasih.

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar