Sukses

Dahak Bercampur Darah 2

27 Dec 2013, 11:16 WIB
Pria, 40 tahun.
Dok, saya merasakan kondisi ini setiap bangun tidur (pagi, siang / malam) pokoknya setiap bangun tidur selalu terdapat dahak campur darah. dan ini sudah berlangsung bertahun-tahun. Pemeriksaaan yang sudah saya jalani, 1. Cek lab, rongten, cek dahak, cek TBC (ternyata bukan) 2. CT scan..... belum kelihatan penyebabnya. 3. Disarankan Broncospocy?? Tapi karena kondisi dan waktunya belum pas, karena harus menginap & puasa di RS, maka treatment ini belum saya jalani. 4. Dokter yang sudah menangani saya Specialis THT, Dalam, Paru, Rongten/Scan. Bagaimana menurut dokter??? Terima kasih. Arif

Terima kasih atas kesetiaan anda menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apa yang dimaksud dengan hasil CT-scan belum terlihat penyebabnya? Apakah hasilnya belum keluar atau memang dikatakan normal? Apakah oleh spesialis THT sudah dilakukan pemeriksaan menyeluruh pada hidung dan tenggorokan? Apakah Anda merokok? Apakah dahak disertai batuk, suara serak, dan penurunan berat badan?

Jika batuk disertai darah disebut sebagai hempoptisis. Ada banyak penyebab hemoptisis (masalah jantung, trauma, infeksi, penyakit paru-paru, dll). Di seluruh dunia, TBC adalah penyebab paling umum dari hemoptisis. Penyebab lain yang juga sering ditemukan adalah bronkitis, bronkiektasis, dan kanker paru-paru.

Jika jumlah darah sedikit dianggap hemoptisis ringan. Sekitar 70% dari hemoptisis ringan memiliki penyebab jinak dan dapat menghilang dengan sendirinya tanpa efek serius atau permanen. Hemoptisis juga dapat disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah kecil yang disebabkan oleh batuk terlalu keras dan/atau infeksi bronkitis .

Pada orang dengan riwayat merokok, hemoptisis bisa menjadi tanda dari penyakit serius, termasuk kanker. Sebagian besar penyebab umum hemoptisis pada perokok adalah bronkitis, kanker paru-paru, dan pneumonia. Kanker paru-paru harus dicuriga pada perokok dengan usia ≥ 40 tahun. Bronkitis juga dapat memiliki gejala batuk berdahak disertai darah terutama pada pagi hari. Bronkitis kronis adalah salah satu bentuk penyakit paru obstruktif kronik ( PPOK ).

Pertama-tama yang harus Anda lakukan jika Anda merokok adalah berhenti merokok. Jika hasil CT-scan sudah ada, mungkin Anda dapat memberitahukan hasilnya kepada kami supaya kami bisa mencari kemungkinan diagnosisnya. Bronkoskopi penting untuk dilakukan untuk menyingkirkan penyebab hemoptisis lainnya. Dengan bronkoskopi akan terlihat jelas apakah ada kelainan pada saluran pernapasan Anda.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga dapat membantu. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar