Sukses

Metode Menunda Kehamilan

26 Dec 2013, 16:05 WIB
Pria, 22 tahun.
Selamat sore Bapak / Ibu dokter semuanya, saya ingin berkonsultasi sekaligus minta saran bagaimana baiknya dengan para dokter, saya laki" berusia 22Th dan saya punya pasangan usia 23Th, orang tua menyuruh saya untuk segera menikah dan alhasil sudah ditentukan tgl pernikahannya pada bulan Februari besok sedangkan saya punya rencana sendiri paling cepat bulan Oktober tahun depan... dan qta berdua tdk bisa menolak krn demi kebahagian ortu dan krn udah diputuskan tangganya. pertanyaan saya : dengan cara apakah (yg pasti cara aman) untuk menunda kehamilan pada calon istri saya setelah saya menikahinya nanti?? karena saya dan pasangan saya punya rencana untuk menabung slama 1 th untk memiliki rumah terlebih dahulu dok.... terimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Menunda kehamilan tentu tidak berbahaya, karena itu merupakan hak Anda dan pasangan kapan untuk memiliki momongan, berdasarkan kesiapan Anda dan pasangan. Selain itu, saya akan memberikan penjelasan tentang berbagai metode kontrasepsi untuk menunda kehamilan, untuk menambah wawasan Anda.

Untuk menunda kehamilan ada beberapa teknik yang dapat dilakukan : 

A. Tanpa menggunakan alat-alat/obat 

1. Senggama terputus : Teknik penarikan penis dari vagina sebelum ejakulasi, kira-kira 1 detik sebelum ejakulasi terjadi. 

Namun teknik ini ada beberapa kekurangan yaitu dapat keluar cairan mani sebelum ejakulasi yang dapat mengandung sperma, terlambat mengeluarkan penis, dan pengeluaran sperma yang dekat dengan vulva yang dapat menyebabkan kehamilan terutama saat sedang ovulasi. 

2. Patang Berkala : Menghindari berhubungan tubuh pada sebelum, saat dan 24 jam sesudah masa subur (ovulasi). Kekurangannya adalah terkadang masa ovulasi wanita dapat sulit untuk diperkirakan terutama bila haid si wanita tidak teratur. 

3. Kondom : Prinsip dari kondom adalah sebagai perisai dari penis sewaktu melakukan koitus, dan mencegah pengumpulan sperma dalam vagina. Kefektifan kondom adalah 90%. Selain untuk mencegah kehamilan, kondom juga mencegah tertularnya penyakit menular seksual. 

B. Kontrasepsi dengan alat/obat : kontrasepsi pil KB yaitu pil yang berisi kandungan hormonal yang dapat mencegah kehamilan. Kontrasepsi menggunakan alat yang dinamakan IUD (intra uterine Device) yang dimasukkan ke dalam rahim wanita, agar tidak terjadi kehamilan. Kontrasepsi jenis ini sangat efektif. Untuk mendapatkan kontrasepsi ini, anda dapat ke dokter kandungan dan kebidanan. 

Demikian informai yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (AN).

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar