Sukses

Mual dan Pusing

26 Dec 2013, 07:46 WIB
Wanita, 36 tahun.
hampir 1 minggu merasa mual, nafsu makan berkurang, berasa enteng dikepala, pusing... tp saya tidak hamil lho. secara psikis saya memang seperti terbebani tumpuk menumpuk permasalahan yg ada. ada teman menyarankan utk check up. takutnya terkena stroke karena beban psikis saya. badan pun berasa panas dingin. terima kasih
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kemungkinan besar memang keluhan Anda disebabkan karena ada masalah di lambung. Maag (Dyspepsia,Gastritis) merupakan suatu penyakit dimana terjadi peningkatan dari produksi asam lambung. Dimana bila keadaan ini terus terjadi dapat muncul gastritis yaitu peradangan lapisan lambung. Sering disebut dyspepsia yaitu kumpulan gejala yang berkaitan dengan peningkatan produksi asam lambung ini seperti mual, muntah, kembung, terasa penuh.

Bila memang keluhan Anda berupa nyeri kepala dan mual-mual mungkin anda terkena gastritis yaitu peradangan lapisan dinding lambung. Maag dapat disebabkan oleh banyak hal seperti stres, sering telat makan, merokok, alkohol, makanan asam/pedas. 

Nyeri kepala dapat diatasi dengan obat penghilang rasa sakit dan beristirahat. Apabila keluhan Anda masih tidak berkurang, segera hubungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Beberapa obat-obatan anti nyeri seperti aspirin, ibuprofen, natrium diklofenak dapat pula menimbulkan gejala ini. Untuk pengobatan ada beberapa tindakan yang dapat anda lakukan seperti hindari makanan pedas, banyak gas seperti soda, sawi dan kol. Jangan telat makan usahakan makan tepat waktu setiap saat. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar