Sukses

Merawat Gigi Erosi Akibat Refluk

17 Oct 2014, 20:13 WIB
Wanita, 22 tahun.
saya punya pertanyaan seputar perawatan gigi dan mulut dok. pertama apakah menggunakan air kumur dari rebusan daun sirih itu aman? apakah dapat membuat gigi kuning atau gelap? dikatakan sirih baik untuk membasmi bakteri yang membuat karies gigi jadi saya ingin mencoba kalau aman. dan apakah permen karet mengandung xylitol yang dikatakan sugar free itu aman bagi gigi dan betul bermanfaat? karena katanya itu dapat membantu mencegah terjadinya karies. tapi apakah ada efek samping dalam penggunaan setiap hari jangka panjang dok? pertanyaan saya ini bersangkutan dengan kondisi gigi saya saat ini, sebelum ini saya memakai behel dan saya memiliki kondisi lambung yang sangat buruk akibat perawatan obat-obatan sehabis operasi. itu berlangsung lama dan cenderung membuat saya muntah dn terjadi reflux dimulai dari saat saya memakai kawat gigi sampai melepas kawat gigi bbrp bulan lalu. lalu terjadilah white spot dan karies di gigi saya. sudah beberapa gigi ditambal dan satu gigi mendapat perawatan akar, dan dikatakan email gigi saya mengalai erosi sehingga m=dibeberapa bagian gig menjadi rusak emailnya dan di bbrp gigi depan kehilangan email yang saat ini dilapis dengan fissure sealant. setau saya kalau email gigi rusak gigi akan lemah karena tidak ada perlindungan keras dari email. nah saya bingung dok harus seperti apa merawat gigi saya agar lebih aman dan tidak terjadi kerusakan yang lebih parah atau karies yang lebih lanjut. saat ini ada beberapa karies yang sudah berhenti (arrested karies) saya hanya takut ada karies tambahan atau menjadi aktif yg sudah pasif karena gigi saya lemah. saat ini langkah yg saya sudah jalani sikat gigi seperti biasa sesuai anjuran pagi dan malam sebelum tidur, kadang jika makan manis saya juga menyikat satu jam setelah makan, menggunakan dental floss scr teratur, mengurangi makanan manis, menjauhi soda dan minuman karbo lainnya, memperbanyak makan sayur dan buah, serta rajin minum susu dan mengknsumsi vitamin dan kalsium (suplemen tablet). saya juga mulai menambahkan berkumur saat ini dengan air rebusan sirih(yang saya ingin tahu dampaknya pada gigi seperti yang saya tanyakan dok) karena katanya obat kumur dipasaran justru mengandung alcohol dan bahan yang dapat membuat gigi kuning. nah bagaimana ya dok selanjutnya/? apakah ada tambahan lain yang dapat menjadi masukan bagi saya dok terimakasih sebelumnya ya dok, mohon informasinya
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Saudari.

 

Kami akan menjawab pertanyaan Saudari satu persatu.

- Daun sirih segar mengandung banyak zat kimia diantaranya vitamin C, jodium, karbohidrat, kalsium, protein, lemak, air, tiamin, riboflafin, zat besi, kalsium, fosfor, tepung, glukosa, sukrosa, karoten dan minyak atsiri. Minyak atsiri pada daun sirih merupakan zat yang berdaya antiseptik, antioksidan, antimikroba, dan mempunyai aktivitas terhadap beberapa macam bakteri yang ada didalam mulut. Berdasarkan suatu penelitian daun sirih merupakan salah satu jenis tumbuhan yang mempunyai daya antibakteri paling tinggi terhadap jenis bakteri dalam rongga mulut seperti streptococcus viridans dan staphilocccus aureus. Jadi rebusan daun sirih cukup baik bagi kesehatan rongga mulut Saudara.

- Produk yang biasanya mengandung xylitol adalah pasta gigi dan permen karet. Dan manfaat Xylitol bagi kesehatan gigi dan rongga mulut  adalah menghambat pertumbuhan bakteri yang merusak gigi dan menyebabkan gigi berlubang, mengurangi resiko terbentuknya plak pada gigi, meningkatkan proses terbentuk remineralisasi lubang gigi pada tahap awal, menghambat kerusakan lapisan permukaan gigi, menghambat produksi asam oleh bakteri yang berada disekitar gigi. Tetapi pemakaian produk dengan kandungan Xylitol tidak baik untuk jangka panjang, karena dapat membuat bakteri menjadi kebal.

- Erosi yang terjadi pada gigi-gigi Saudari memang disebabkan refluk, dimana asam yang terkandung dalam cairan muntah tersebut telah merusak email gigi. Apabila keadaan tersebut terjadi lagi atau masih berlangsung maka sebaiknya setelah Saudari muntah, segeralah berkumur dengan air.

- Perawatan yang  Saudari lakukan sudah cukup baik, mengingat gigi telah mengalami erosi sebaiknya Saudari juga menghindari makanan dan minuman yang bersifat asam dan termasuk kopi serta minuman soda, dan berikut adalah artikel terkait  6 Makanan & Minuman Perusak Gigi.

- Pada prinsipnya menjaga kebersihan dan kesehatan gigi serta rongga mulut adalah dengan menyikat gigi 2 kali sehari dengan pasta gigi yang mengndung flouride, membersihkan selah-selah gigi dengan dental floss/ benang gigi, menggunakan obat kumur sesuai kebutuhan atau sesuai rekomendasi dokter gigi. Mengingat kondisi yang Saudari alami maka sebaiknya Saudari kontrol ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani.

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar