Sukses

Keguguran

24 Dec 2013, 08:21 WIB
Wanita, 29 tahun.
Sore Dok, saya punya pengalaman keguguran 3x dan yg terakhir bln juni 2013 dan dikuret. saya sudah test TORCH hasilnya Toxp IgG positf dan CMV IgG positif, test ACA hasilnya
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda,

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Keguguran lebih atau sama dengan 3x disebut abortus habitualis, paling sering disebabkan oleh kelainan pada kromosom. Namun pada beberapa kasus dapat disebabkan oleh : 

1. kelainan pada pertumbuhan disebabkan oleh : kelainan kromosom, lingkungan kurang sempurna (lingkungan rahim tidak memberikan nutrisi cukup untuk si janin), pengaruh dari luar (obat-obatan, virus, radias)

2. Kelainan pada plasenta --> terjadi kelainan pada pembuluh darah ari-ari, biasanya disebabkan oleh hipertensi pada ibu yang menahun

3. Penyakit Ibu --> beberapa penyakit dapat memperngaruhi kehamilan, seperti infeksi paru-paru, tifoid, infeksi saluran kemih, malaria. Anemia berat, serta penyakit  infeksi TORCH , tiroid, diabetes, kelainan dari sistem pertahan tubuh. Penyakit yang disebut sebagai Anti phospholipid sindrom. 

4. Kelainan pada organ kehamilan misalnya mulut rahim yang tidak kuat, atau kelainan pada dinding rahim

5. kelainan hormonal

6. Dapat juga disebabkan oleh keluhan emosional

Selama kehamilan diusahakan agar Anda rajin melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan, cobalah untuk tirah baring terutama bulan-bulan dimana sering terjadi keguguran, jangan banyak melakukan pekerjaan, hindari berhubungan dulu terutama saat hamil muda, coba konsumsi vitamin dan makanan yang mengandung gizi kehamilan yang cukup. 

Namun kami menyarankan agar Anda melakukan pemeriksaan darah untuk melihat penyebab dari keguguran yang berulang tersebut. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (AN)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

 

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar