Sukses

Benjolan di Ketiak Kanan

20 Oct 2014, 07:54 WIB
Wanita, 20 tahun.
Assalamualaikum. saya ingin menanyakan, Benjolan Kecil namun sakit di ketiak bagian kanan, apakah berbahaya? Umur saya 20 tahun, sebelumnya tidak terasa sakit & tidak merasa ganjal pada ketiak kanan, namun ketika mandi, saya menyadari ada benjolan di ketiak kanan saya. hanya sakit jika ditekan, selebihnya tidak. kurang lebih diameter benjolan 1cm. Mohon pencerahannya tentang apa yang harus saya lakukan. Terima Kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari KlikDokter.

 

Penyebab tersering timbulnya benjolan di daerah ketiak adalah akibat adanya pembesaran kelenjar getah bening (KGB). Melihat penjelasan Anda tentang riwayat penyakit Anda, ada kemunginan benjolan ini merupakan pembesaran KGB. Pembesaran KGB ini dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah limfadenopati. KGB sendiri adalah salah satu komponen pertahanan tubuh, yang akan membesar bila ada serangan kuman dari luar, misalnya akibat adanya proses infeksi dari organ-organ disekitarnya ataupun adanya infeksi sistemik dalam tubuh. Kebanyakan pembesaran kelenjar getah bening tidak berbahaya (jinak) dan hanya sebagian kecil dari pembesaran yang tidak dapat dijelaskan sebabnya merupakan keganasan (kanker). Pembesaran kelenjar getah bening ini dapat berbahaya bila dikuti dengan tanda-tanda keganasan seperti berat badan turun, benjolan bertambah besar dengan cepat, penyebaran kanker dari tempat lain, umur lebih dari 50 tahun dan adanya riwayat keganasan dalam keluarga.

Dapat juga benjolan Anda tersebut merupakan peradangan kelenjar keringat ataupun kelenjar limfe. Namun hal ini memerlukan pemeriksaan langsung.

Untuk memastikan penyebab timbulnya benjolan pada ketiak Anda, Anda sebaiknya mengunjungi dokter untuk pemeriksaan langsung sehingga dapat mengetahui kondisi benjolan yang Anda keluhkan. Tindakan selanjutnya maupun penanganan yang tepat akan diberikan setelah diketahui diagnosisnya.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar