Sukses

Diabetes dan Obat

20 Oct 2014, 05:01 WIB
Pria, 59 tahun.
Selamat pagi bapak/ibu dokter, Saya punya penyakit diabetes dan efek dari penyakit ini dengan ditemukannya penyumbatan pada pembuluh darah di jantung. September 2009 saya dipasang atent 3buah walau saya tidak pernah anfal, tetapi kondisi pembuluh darah yang sudah dipasang stent diatas 70%. Sampai saat ini saya mengkonsumsi obat yang diberikan dokter yang merawat saya di Bandung. Ada 5macam obat yang saya konsumsi rutin yaitu Amaril M2/500, Trajenta, Grandis, Hapsen dan Livalo. Amaril dan Hapsen diminum pagi hari, Grendis siang ,Trajenta dan Livalo malam. Adakah efek negatif bila saya konsumsi Grendis yang tadinya siang diminum malam hari bersamaan dengan Trajenta dan Livalo. Hal ini saya lakukan karena sering lupa. Selain itu apakah seumur hidup saya sejak dinyatakan terkena diabetes, saya harus mengkonsumsi obat-obatan ini? Apakah tidak ada efek samping ke organ tubuh lainnya akibat mengkonsumsi obat bertahun-tahun? Demikian pertanyaan saya dalam mengkonsumsi obat. Atas informasinya diucapkan terimakasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Selama hanya sekali terlupa, maka Anda tidak perlu terlalu khawatir. Sebaiknya obat diminum sesuai waktunya agar penyerapan obat dapat berjalan dengan baik dan menghindari interaksi antar obat.

Setelah menderita diabetes, selain pengobatan, perubahan pola hidup juga memegang peranan penting. Pada umumnya, memang setelah menderita diabetes maka diperlukan kontrol seumur hidup. Jika tidak dapat dikontrol dengan perubahan pola hidup maka perlu dikontrol dengan obat-obatan. Hal ini penting untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap normal sehingga tidak menyebabkan komplikasi di berbagai organ (jantung, ginjal, mata, saraf). Untuk itu, kontrol rutin dengan dokter merupakan hal yang penting.

Efek samping obat pada tubuh dapat dikontrol dengan pemantauan pemakaian obat yang baik, sesuai dosis yang dianjurkan dokter dan kontrol rutin dengan dokter. Jalani pola hidup sehat untuk dapat menjalani hidup dengan diabetes. Anda juga dapa mengunjungi Rubrik Diabetes yang kami miliki untuk serba-serbi lengkap terkait penyakit Diabetes.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar