Sukses

Penanganan Kecemasan

24 Dec 2013, 13:30 WIB
Pria, 43 tahun.
Dokter, sudah hampir 1/2 tahun lebih saya sering mudah merasa cemas bila sedang berpergian sendirian, saya ukur irama jantung dengan alat digital tensi, menunjukan angka diatas 100, apa yang harus saya lakukan agar rasa cemas tsb hilang, ke dokter mana saya harus periksa? mohon dengan sangat perkenan dokter memberi advice. Terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kaish atas pertanyaan Anda

Kecemasan dapat ditengani dengan berbagai pendekatan terapi, seperti obat dan terapi kognitif. Pengobatan psikosomatis merupakan integrasi berbagai bidang ilmu seperti psikiatri, psikologi, neurologi, dan berkaitan dengan bidang keluhan Anda yaitu penyakit dalam. Sebelumnya harus dicari terlebih dahulu apa pencetus dari psikosomatis ini, apakah faktor stres, depresi, atau penyakit kronik yang membuat seseorang menjadi depresi (kanker, asma, ulkus peptikum, stroke) atau malah ketakutan bila mengidap penyakit tertentu.

Jika memang hasil pemeriksaan jantung Anda menunjukkan hasil yang normal, maka tidak ada masalah dengan jantung Anda. Gangguan cemas memang dapat memberikan gejala berupa sesak napas, nyeri dada, jantung berdebar, keringat berlebih, dsb. Jika Anda selalu diliputi ketakutan maka apapun aktivitas yang Anda lakukan, Anda akan mengalami keluhan-keluhan yang memberatkan Anda. Anda dapat membicarakan masalah ketakutan ini juga dengan dokter Anda.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (AN)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar