Sukses

Kapan Perlu Ekokardiografi?

16 Oct 2014, 09:59 WIB
Pria, 43 tahun.
Dokter, apakah ada efek samping USG Jantung ( Echocardiography), kapan seseorang dirasa perlu oleh dokter dilakukan ECHO? bagaiman dengan rongent? Saya EKG jantung ke dr Spesialis jantung, menurutnya tdk ada masalah, tdk perlu ECHO, apa sebaiknya saya lakukan?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Ekokardiografi atau USG jantung dilakukan untuk melihat struktur dan fungsi hemodinamik jantung. Pemeriksaan ini tidak ada efek samping dan dilakukan bila dicurigai terdapat gangguan pada jantung. Apakah Anda ada keluhan atau gejala? Seperti sesak napas, nyeri dada? 

Pemeriksaan EKG (elektrokardiografi) merupakan pemeriksaan untuk menilai listrik (elektrisitas) jantung. Pemeriksaan tersebut dapat membantu mendiagnosis kelainan jantung seperti sindrom koroner akut karena sumbatan pembuluh darah koroner, hipertrofi (penebalan) otot jantung, gangguan irama jantung, dan lain sebagainya. Dari pemeriksaan ini dapat dideteksi kelainan yang ada. Jika ditemukan kelainan, maka pemeriksaan ekokardiografi mungkin dianjurkan. 

Jika memang hasil EKG Anda normal dan Anda tidak memiliki keluhan spesifik maka sesuai yang disarankan oleh dokter yang memeriksa Anda bahwa pemeriksaan ekokardiografi tidak perlu dilakukan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar